UM Palangka Raya terus menguatkan SDM berkualitasdi Kalteng

id um palangka raya,ump,Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya ,Dr.H.Sonedi,UM Palangka Raya terus menguatkan SDM berkualitasdi Kalteng

UM Palangka Raya terus menguatkan SDM berkualitasdi Kalteng

Rektor UM Palangkaraya, Dr Sonedi, M.Pd (Antara/HO/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Palangkaraya Dr.H.Sonedi,M.Pd menyatakan  terus berusaha membangun kapasitas kelembagaan sebagai komitmen jaminan terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang memenuhi kompetensi yang dibutuhkan pada level regional Kalimantan terutama bagi Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya tidak akan berhenti untuk terus membangun kapasitas kelembagaan UM Palangkaraya sebagai dedikasi bagi kemajuan wilayah dan daerah, meski berbagai capaian telah terwujud seperti sejumlah prodi terakreaditasi A,” ucap  Sonedi kepada wartawan di Palangka Raya, Jumat.

UM Palangka Raya tercatat sebagai perguruan tinggi swasta pertama di wilayah Kalimantan yang mendapatkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan hasil Terakreditasi A untuk Prodi S1 Administrasi Negara dan Prodi S2 Magister Administrasi Publik, kedua prodi  masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Baca juga: UM Palangkaraya ditetapkan sebagai kampus terbaik di Kalteng

Menanggapi raihan itu, Rektor UM Palangkaraya Dr Sonedi menggarisbawahi tiga hal yaitu  pertama, Akreditasi A (Unggul) merupakan prestasi kolektif yang  ada banyak komponen dan orang  yang terlibat.

Tidak hanya aktor yang sekarang memegang amanah, tapi juga masa lampau. Karenanya kontribusi semua aktor dan komponen tersebut  perlu diapresiasi, ujarnya.

Kedua, akreditasi ini juga sekaligus bukti pengakuan pihak luar atas kualitas pendidikan di UM Palangkaraya . Apresiasi ini kami pandang sebagai amanah, kepercayaan yang harus dijaga dan dipertahankan. Ketiga, akreditasi  A (unggul) ini juga salah satu kebijakan kampus merdeka saat ini yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: UM Palangkaraya dan BI Kalteng kerjasama edukasi kebanksentralan

Lebil lanjut Rektor mengungkapkan bahwa sampai saat ini UM Palangkaraya sudah memiliki dua program studi yang sudah terakreditasi A (unggul) semuanya ada di Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Disamping itu secara bersamaan asesmen lapangan juga dilakukan pada prodi pendidikan teknologi informasi yang pertama kali melakukan akreditasi berhasil meraih akreditasi B (sangat baik).

“Ini capaian sebagai persembahkan untuk dedikasi pendidikan di Kalimantan, secara khusus di Kalimantan  Tengah. Berdasarkan data di LLDikti wilayah XI Kalimantan hanya prodi di UM Palangkaraya  yang akreditasinya A,” ucap Sonedi putra asli Kalteng kelahiran Tanjung Jariangau, Kabupaten Kotawaringin Timur 51 tahun lalu itu.

 
Foto hasil Akreditasi Prodi MAP UM Palangkaraya (ANTARA/HO/Dokumentasi Pribadi)

Dia mengatakan secara bersamaan UM Palangkaraya juga telah dilakukan Audit ISO 9001:2015 yaitu tentang Sistem Manajemen Mutu pada Rektorat,  Biro Umum,  Sistem Penjaminan Mutu,  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,  Prodi Teknik sipil dan Prodi DIII Farmasi,  dan kami bersyukur berdasarkan kesimpulan akhir dari auditor bahwa UM Palangkaraya direkomendasikan untuk memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015.

Baca juga: PTI UM Palangka Raya ikuti visitasi akreditasi daring karena COVID-19

Lebih Lanjut Sonedi mengatakan hal lain yang membanggakan kita semua berdasarkan hasil klasterisasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia yang dirilis 17 Agustus 2020 lalu,  UM Palangkaraya Mengungguli seluruh Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di Kalimantan Tengah yaitu ada pada peringkat Pertama. Begitu juga untuk tingkat Universitas Perguruan Tinggi Swasta  di Kalimantan UM Palangkaraya menempati Urutan Pertama juga.  

"Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh sivitas UM Palangkaraya, karena memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan dan selalu berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan secara bertahap. Keberhasilan ini Kami Persembakan untuk masyarakat Kalimantan Tengah. Mau kuliah ya di UM Palangkaraya 'Unggul dan Berkarakter' sudah terbukti," kata Sonedi mengakhiri wawancaranya.

Dr. Sonedi yang juga alumni S1 UM Palangkaraya itu merupakan Rektor ke-6 sejak kampus itu berdiri tahun 1987.  Lulus S2 di Universitas Negeri Yogyakarta dan lulus Doktor Bidang Ilmu Pendidikan dari Universitas Negeri Malang.

Baca juga: MAP UM Palangkaraya ditargetkan akreditasi A

Sonedi memiliki banyak pengalaman di berbagai daerah di Indonesia sebagai tenaga pengajar dan pendampingan program, serta aktifitas di sejumlah negara Asia dan Eropa.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XI Kalimantan Prof. Udiansyah mengatakan bahwa dengan Akreditasi A (unggul) S2 prodi Administrasi Publik merupakan salah satu bukti bahwa PTS di Kalimantan mampu meningkatkan mutu dan menjadi PTS unggul, mensejajarkan diri dengan PTS di daerah lainnya telah maju. Hal tersebut tambah dia,  telah di buktikan oleh UM Palangkaraya yang berhasil mendapatkan akreditasi A untuk kedu kalinya.

"Ayo kita maju bersama untuk menyediakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat.  Kita pasti bisa," kata Udiansyah.

Udiansyah juga menyampaikan  rasa syukur dan bangga atas capaian tersebut.  Beliau mengucapkan Selamat untuk civitas akademika UM Palangkaraya yang telah meraih peringkat Akreditasi A untuk prodi S2 Administrasi Publik, katanya kepada ANTARA di Banjarmasin.

Baca juga: UM Palangkaraya targetkan raih akreditasi institusi A

Baca juga: UM Palangkaraya beri beasiswa bagi mahasiswa hafal lima juz Al Quran

Baca juga: Tiga jalur beasiswa di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar