UM Palangkaraya ditetapkan sebagai kampus terbaik di Kalteng

id sonedi,um palangkaraya,kampus terbaik,umi mastikah,UM Palangkaraya ditetapkan sebagai kampus terbaik di Kalteng

UM Palangkaraya ditetapkan sebagai kampus terbaik di Kalteng

Dokumentasi. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (ANTARA/HO)

Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) ditetapkan sebagai kampus terbaik di Provinsi Kalimantan Tengah dari kategori perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

"Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) baru saja merilis klasterisasi perguruan tinggi. Hasilnya UM Palangkaraya menempati urutan pertama PTN/PTS se-Kalteng," kata Rektor UM Palangkaraya Dr Sonedi, M.Pd di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan berdasarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi tersebut, UM Palangkaraya mengungguli seluruh perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Tengah dengan total nilai 1.279.

"Dengan nilai tersebut Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang memiliki moto 'the green islamic campus' masuk dalam urutan ke 269 dan masuk pada klaster empat," kata Sonedi.

Baca juga: UM Palangkaraya dan BI Kalteng kerjasama edukasi kebanksentralan

Dia mengatakan hasil klasterisasi dari Kemendikbud tahun 2020 menunjukkan keseriusan UM Palangkaraya dalam melakukan tata kelola dan manajemen yang baik.

Sonedi mengungkapkan pada penilaian tersebut, ada sejumlah indikator yang menjadi penilaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pertama indikator input dengan bobot 20 persen yang meliputi jumlah dosen bergelar doktor, dosen yang merangkap jabatan lektor dan bergelar guru besar, rasio mahasiswa dan dosen serta lainnya.

Kemudian indikator proses dengan bobot 25 persen meliputi nilai akreditasi dari BAN-PT, akreditasi program studi, pembelajaran daring, kerja sama PT, dan lainnya.
Berikutnya indikator output dengan bobot 25 persen berupa jumlah artikel ilmiah per dosen, kinerja penelitian, kinerja mahasiswa dan lainnya.

Indikator terakhir adalah outcome yang punya bobot terbesar yakni 30 persen yang meliputi kinerja inovasi, jumlah lulusan yang dapat pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat.

Baca juga: PTI UM Palangka Raya ikuti visitasi akreditasi daring karena COVID-19

Dari keempat indikator tersebut, lanjut Sonedi, klasterisasi untuk perguruan tinggi di Provinsi Kalimantan Tengah, UM Palangkaraya unggul pada proses, output dan outcome.

"Hasil ini kami persembahkan untuk masyarakat Kalimantan Tengah supaya tidak ragu memilih UM Palangkaraya sebagai tempat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh civitas akademik UM Palangkaraya sehingga menjadi kampus terbaik di Kalteng," katanya.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah sebelumnya juga berharap seluruh pihak dapat aktif mencerdaskan generasi muda melalui bidang yang dikuasai.

Dia pun mengapresiasi upaya berbagai pihak termasuk UM Palangkaraya yang secara konsisten dan terung meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan dalam rangka mencetak generasi muda berkualitas dan berprestasi.

Baca juga: MAP UM Palangkaraya ditargetkan akreditasi A

Baca juga: UM Palangkaraya targetkan raih akreditasi institusi A

Baca juga: Fikes UMP-PHS University California selenggarakan webinar bahas perkembangan COVID-19

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar