Presiden bakal lakukan penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, food estate, pulang pisau, kapuas, tanaman padi, ketahanan pangan, presiden jokowi ke kalteng, peternakan

Presiden bakal lakukan penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

Foto Dokumentasi - Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kiri) Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) meninjau kesiapan lahan pertanian yang akan dijadikan pengembangan 'food estate' di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Dalam kunjungan tersebut, presiden menyatakan rencana tahun ini di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau akan diselesaikan kurang lebih 30 ribu hektare lahan kemudian dalam 1,5 sampai maksimal 2 tahun akan ditambah lagi 148 ribu hektare untuk lumbung pangan nasional baru di daerah tersebut. Pengembangan itu guna mewujudkan ketahanan pangan nasional dan mengantisipasi krisis pangan dunia. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Palangka Raya (ANTARA) - Presiden Joko Widodo direncanakan kembali mengunjungi Kalimantan Tengah untuk melakukan penanaman perdana di kawasan pengembangan 'food estate'.

"Rencananya presiden pada akhir September 2020 mendatang melakukan penanaman perdana di kawasan pengembangan food estate Kalteng," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Sunarti di Palangka Raya, Senin.

Terkait rencana pengembangan food estate tahap pertama 2020, sebanyak 30 ribu hektare yang diproyeksikan terdiri dari 20 ribu hektare di Kapuas dan 10 ribu hektare di Pulang Pisau.

Kapuas diperkirakan musim tanam pada Oktober 2020 mendatang, sebab puncak panennya baru pada September 2020, sehingga persiapan olah lahan dan pembibitan memerlukan waktu.

Sedangkan Pulang Pisau musim tanam sudah bisa dimulai sejak September dan saat ini di wilayah tersebut sebagian besar sudah mulai dilakukan olah lahan.

"Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo baru saja melakukan kunjungan kerja ke Kalteng dan ini rencananya beliau akan kembali datang, guna mengecek kesiapan lahan di kawasan pengembangan food estate," ungkapnya.

Sementara itu Selasa (8/9) besok, rencananya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran akan berkunjung ke Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau dan mengikuti syukuran panen bersama pemerintah kabupaten serta petani dengan luas hamparan sekitar 70 hektare bagian dari 1.212 hektare.

Lokasi panen di Pulang Pisau tersebut termasuk dalam areal kawasan pengembangan food estate, namun untuk panen itu merupakan bagian dari program reguler pemerintah daerah.

Adanya program pengembangan food estate di Kalteng itu, diharapkan mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk masyarakat sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal untuk peningkatan pembangunan pada berbagai sektor, maupun perekonomian dan kesejahteraan.


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar