Morbidelli rebut kemenangan MotoGP di Misano

id franco morbidelli,juara,motogp,sirkuit misano

Morbidelli rebut kemenangan MotoGP di Misano

Pembalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli merayakan kemenangan di podium usai menjuarai MotoGP San Marino Grand Prix di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano, Italia, Minggu, 13 September 2020. Morbidelli berhasil menjadi juara diikuti Francesco Bagnaia dan Joan Mir. ANTARA FOTO/REUTERS/Massimo Pinca/aww.

Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli merebut kemenangan MotoGP pertamanya di Grand Prix San Marino, Sirkuit Misano, Minggu, di saat Valentino kecolongan peluang finis podium di balapan kandangnya.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Morbidelli naik di mimbar untuk kedua kalinya musim ini setelah finis terdepan, 2,217 detik di depan pebalap tim Pramac Racing Francesco Bagnaia.

Setelah absen tiga balapan karena cedera tulang kering, Bagnaia bertarung habis-habisan dengan kondisi yang belum 100 persen fit. Usaha pebalap muda itu pun terbayar dengan finis runner-up, dan podium pertamanya musim ini.

Di belakang kedua pebalap Italia itu Joan Mir melengkapi podium setelah finis ketiga untuk Suzuki.

Morbidelli melewatkan pole position setelah kalah 0,312 detik dari Maverick Vinales di kualifikasi. Namun pebalap tim Petronas Yamaha itu mampu mencuri pimpinan lomba sejak start dari sang pebalap tim pabrikan Yamaha itu.

Morbidelli bertarung ketat dengan mantan mentornya, Valentino Rossi di awal lomba, namun ia mampu memperlebar jaraknya setelah separuh jarak lomba.

Morbidelli tak menunjukkan tanda-tanda melambat menggunakan ban hard-medium, namun Rossi yang menggunakan ban medium-medium, mulai mengendur hingga terancam Francesco Bagnaia dan Alex Rins dengan delapan lap tersisa.

Tujuh lap tersisa, Bagnaia menyalip Rossi dan The Doctor harus bertahan dari serangan duet Suzuki, Rins dan Joan Mir jika ingin naik podium di balapan kandangnya.

Justru Mir yang tampil menggebu, memanfaatkan kesalahan Rins untuk naik satu peringkat dan kemudian di lap terakhir mencuri podium dari Rossi, yang harus finis P4 di depan Rins.

Maverick Vinales seakan terkena 'kutukan' Sirkuit Misano di mana hanya ada tiga pebalap sejak 2007 yang menjuarai balapan di sana dari pole position.

Pebalap berjuluk Top Gun itu finis P6 di depan Andrea Dovizioso, yang kini menjadi pemuncak baru klasemen dengan raihan total 76 poin, setelah Fabio Quartararo terjatuh dua kali hingga gagal menyelesaikan lomba.

Quartararo dengan 70 poin di peringkat dua terancam oleh Jack Miller yang terpaut tujuh poin dan Joan Mir yang mendekat dengan jarak 10 poin di klasemen.

Cal Crutchlow (LCR Honda) melewatkan GP San Marino setelah dinyatakan tidak fit untuk balapan.

Juara bertahan Marc Marquez juga masih absen dan melewatkan balapan kelimanya musim ini setelah mengalami patah lengan kanan pada seri pembuka. Honda menyatakan jika masa pemulihan pebalap Spanyol itu bisa dua hingga tiga bulan.

Sirkuit Misano telah diaspal ulang tahun ini menjelang seri San Marino. Balapan kali ini juga menjadi yang pertama kalinya dihadiri oleh penonton, 10.000 per hari di bawah protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat.