DPD Perpedayak Kapuas deklarasikan Pemilu Damai

id DPD Perpedayak Kapuas ,Kuala Kapuas,Kapuas,Pilakda Damai,Kalteng,Ketua DPD Perpedayak Kabupaten Kapuas

DPD Perpedayak Kapuas deklarasikan Pemilu Damai

DPD Perpedayak Kabupaten saat foto bersama. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Demi terciptanya suasana kondusif dan netralitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020 ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Pemuda Dayak (Perpedayak) Kabupaten Kapuas, melakukan deklarasi pemilu damai.

“Yang pastinya kami dari Perkumpulan Pemuda Dayak, menolak sifat-sifat yang radikal. Dan kami menjunjung tinggi harkat dan martabat daripada bangsa ini,” kata Ketua DPD Perpedayak Kabupaten Kapuas, Timotius Mahar di Kuala Kapuas belum lama ini.

Deklarasi tersebut, disampaikan di Kantor Sekretariat DPD Perpedayak Jalan Tambun Bungai Kota Kuala Kapuas, yang diikuti belasan pengurus dan anggota DPD Perpedayak Kapuas.

Menurutnya, sebagai organisasi kepemudaan, pihaknya merasa perlu untuk melakukan deklarasi ini sebagai wujud kepedulian terhadap 'Petak Danum' (tanah air) yang harus selalu dijaga kondusifitasnya pada saat berlangsungnya Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020.

Diharapkannya melalui deklarasi ini, pemuda di Kabupaten Kapuas untuk tidak terhasut berita hoax dan isu-isu radikalisme yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Perpedayak dukung program 'food estate' dan tolak transmigrasi ke Kalteng

“Dan juga dalam pemilu, kami berusaha membuat pemilu ini damai. Yang pasti kami sudah sepakat bahwa kita akan mendukung dan kita bersatu di NKRI dan juga kita menolak unsur radikal yang memecah belah bangsa ini,” ucapnya.

Dalam pesta demokrasi yang akan dilaksanakan serentak pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang, perbedaan dalam pilihan adalah suatu hal yang biasa dan harus disikapi dengan bijaksana.

Justru dalam perbedaan inilah, katanya, merupakan kekuatan untuk memajukan petak danum 'Bumi Tambun Bungai'.

"Sejatinya kita adalah bersaudara, mari kita sukseskan Pilkada Kalteng tahun 2020 ini dengan aman, sejuk, tanpa isu sara dan kecurangan," demikian Timotius Mahar.

Sementara dalam kegiatan deklarasi Pemilu damai, pihaknya juga turun ke jalan melakukan sosialisasi dengan membagikan stiker kepada pengguna jalan maupun menempelkan ke rumah warga maupun toko-toko untuk mengajak masyarakat  mendukung Pilkada Damai di Kalteng.