Bupati Kapuas minta Perpedayak bantu pemerintah menjaga NKRI

id Bupati Kapuas minta Perpedayak bantu pemerintah menjaga NKRI, kalteng, DPRD Kapuas, Kapuas, bupati Kapuas, ben brahim

Bupati Kapuas minta Perpedayak bantu pemerintah menjaga NKRI

Ketua DPW Perpedayak Kalteng, Berkat Imanuel, saat melantik dan mengukuhkan DPD Perpedayak Kabupaten Kapuas, di lapangan Bukit Ngelangkang, Sabtu (6/8/2022). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, meminta Perpedayak Kabupaten Kapuas mendukung pemerintah beserta TNI dan Polri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya tidak mau Perpedayak ditunggangi kepentingan kelompok tertentu demi keutungan kelompok tertentu," kata Bupati Ben Brahim S Bahat, di Kuala Kapuas, Minggu.

Permintaan itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini saat menyampaikan sambutan dalam pelantikan dan pengukuhan DPD Perpedayak Pasukan Lawung Bahandang kabupaten setempat di lapangan Bukit Ngelangkang, Kota Kuala Kapuas.

Ben juga meminta organisasi itu untuk tetap mempertahankan kekompakan dan komitmen serta selalu menjadi mediator seluruh ormas Dayak untuk ikut menjaga keamanan ketertiban NKRI.

"Perpedayak juga dapat melestarikan adat istiadat Dayak. Jangan pernah mengkhianati Utus. Bantu pemerintah daerah meningkatkan kemajuan dan ekonomi daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Perpedayak Kabupaten Kapuas, Timotius Mahar, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

Baca juga: Legislator Kapuas minta aparat rutin razia balapan liar

"Ke depan kita akan membentuk pengurus Perpedayak tingkat kecamatan yang belum terbentuk akan kita bentuk. Saat ini anggota kita yang sudah registrasi ada sebanyak 1.200 anggota," kata Timotius Mahar.

Tentunya, lanjutnya, keberadaan Perpedayak di Kabupaten Kapuas akan selalu tetap mendukung dan membantu aparat TNI-Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah setempat, sehingga kabupaten setempat selalu tetap kondusif, aman, tenteram dan damai.

"Kita akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menjaga Adat dan Budaya daerah, termasuk lembaga Dewan Ada Dayak (DAD)," katanya.

Selain itu, tambah pria yang akrab disapa Ebeb ini, ke depan pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan ormas-ormas Dayak maupun ormas di luar Dayak, dalam rangka untuk mempererat jalinan persaudaraan di Kabupaten Kapuas.

"Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, anggota DPR RI Ary Egani Ben Bahat yang sudah banyak membantu Perpedayak Kabupaten Kapuas," demikian Ebeb.

Sementara kegiatan dilanjutkan dengan Pawai Jalan Kaki oleh Pasukan Lawung Bahandang Perpedayak dengan Rute Start Lapangan Bukit Ngelangkang, Jalan RA Kartini, Jenderal Setaji, Jenderal Ahmad Yani dan kembali Ke Lapangan Bukit Ngelangkang. 

Baca juga: Perbasi Kapuas tingkatkan kualitas wasit dan pelatih

Baca juga: Puluhan PBS di Kapuas siap memutasi kendaraan ke pelat KH

Baca juga: Kasus COVID-19 di Kapuas kembali meningkat