Debat publik Pilkada Kotim salurkan aspirasi masyarakat

id Debat publik Pilkada Kotim salurkan aspirasi masyarakat, Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, pilkada kotim

Debat publik Pilkada Kotim salurkan aspirasi masyarakat

Suasana gladi menjelang debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur di Gedung Serbaguna Sampit, Senin (23/11/2020). ANTARA/HO-KPU Kotim

Sampit (ANTARA) - Debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah tahun 2020 pada Senin malam ternyata juga menyalurkan pertanyaan dari masyarakat.

"Kami juga mengikutsertakan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur untuk bisa memberikan pertanyaan. Kemarin sudah ada beberapa pertanyaan dari masyarakat dan sudah kami serahkan kepada tim panelis untuk diolah menjadi pertanyaan saat debat," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Senin.

Debat publik dilaksanakan pukul 19.00 WIB hingga 21.30 WIB di Gedung Serbaguna Sampit. Persiapan sudah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan COVID-19.

Empat pasang calon diharapkan hadir semua yakni Halikinnor-Irawati, Suprianti Rambat-Muhammad Arsyad, Muhammad Taufiq Mukri-Supriadi dan Muhammad Rudini-Samsudin.

Debat perdana ini mengangkat tema meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat dalam menyelesaikan persoalan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur di masa pandemi COVID-19.

Debat akan dibagi dalam lima segmen pertanyaan. Tiga panelis dari akademisi akan dihadirkan untuk memandu jalannya debat yang disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi lokal tersebut.

KPU sengaja melibatkan masyarakat dengan membuka saluran media sosial bagi warga yang ingin mengirimkan pertanyaan kepada pasangan calon. Ini sebagai upaya KPU menyalurkan aspirasi masyarakat kepada calon pemimpin daerah ini.

Baca juga: MTQ Kotim tetap utamakan kualitas meski di tengah pandemi COVID-19

"Rapat koordinasi sudah dilakukan dengan ketiga panelis terkait persiapan. Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Kami berharap dukungan semua pihak," kata Siti Fathonah.

Ditambahkannya, pelaksanaan debat publik ini menerapkan secara ketat protokol kesehatan. Semua orang yang masuk dalam tempat acara wajib menunjukkan surat tes cepat atau "rapid test" dengan hasil nonreaktif COVID-19.

Untuk mencegah kerumunan, debat publik ini juga disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi lokal serta aku media sosial milik KPU Kotawaringin Timur. Tim pasangan calon juga diharapkan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Masyarakat diimbau turut menyaksikan debat publik ini karena bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menilai masing-masing pasangan calon sebelum nantinya menentukan pilihan untuk memilih pasangan calon yang dianggap bisa membawa daerah dan masyarakat daerah ini menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Pelipatan surat suara ditargetkan selesai dua hari

Baca juga: Bupati apresiasi sumbangsih umat Hindu Kaharingan dalam pembangunan Kotim