Bupati apresiasi sumbangsih umat Hindu Kaharingan dalam pembangunan Kotim

id Bupati apresiasi sumbangsih umat Hindu Kaharingan dalam pembangunan Kotim, pemkab Kotim, bupati Kotim, Supian Hadi, bupati sampit, Sampit, Kotim, Kota

Bupati apresiasi sumbangsih umat Hindu Kaharingan dalam pembangunan Kotim

Bupati Supian Hadi saat membuka Musyawarah Daerah VI Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit, Minggu (22/11/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Supian Hadi mengapresiasi sumbangsih umat Hindu Kaharingan dalam membantu pembangunan daerah melalui bidang profesi masing-masing.

"Makanya kami terus mendorong bagaimana peran serta dari umat Hindu Kaharingan sendiri dalam berkoordinasi dan berkolaborasi untuk bisa bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran umat Hindu Kaharingan sangat tinggi di berbagai bidang," kata Supian Hadi di Sampit, Minggu.

Hal itu diungkapkan Supian saat membuka Musyawarah Daerah VI Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit. Selain membahas program, kegiatan ini juga untuk membentuk kepengurusan masa jabatan hingga lima tahun mendatang.

Supian menjelaskan, pemerintah daerah selalu mendukung pembinaan semua agama, termasuk Hindu Kaharingan. Selama ini semua agama juga sangat membantu pemerintah daerah dalam menjaga kerukunan umat dan kondusivitas daerah.

Terkait kepengurusan Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kotawaringin Timur, Supian menyatakan pemerintah daerah akan mendukung siapapun yang diputuskan bersama masuk dalam kepengurusan.

Kegiatan ini juga diharapkan sudah menghasilkan rumusan-rumusan dalam rangka pembinaan umat Hindu Kaharingan. Selain itu diharapkan ada kesamaan tekad meningkatkan kontribusi membantu pembangunan daerah.

Baca juga: Gerindra Kotim 'bersih-bersih' kader pembelot

Umat Hindu Kaharingan sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya menjaga kelestarian adat dan kebudayaan daerah, khususnya masyarakat Dayak. Umat Hindu Kaharingan juga berperan dalam pengembangan wisata lokal yang kini semakin dilirik wisatawan.

"Kita tidak menjual ritual agama. Tapi, jika itu menjadi upaya lebih mengenalkan Hindu Kaharingan kepada masyarakat dan itu menarik perhatian wisatawan, kita poles itu menjadi bagian wisata budaya dan religi, tentu tanpa mengganggu makna dan kesakralan kegiatan tersebut," jelas Supian.

Sementara itu dalam menghadapi pemilu kepala daerah, Supian mengajak umat Hindu Kaharingan untuk menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif. Umat juga diajak menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Tahun ini masyarakat Kotawaringin Timur akan mengikuti dua agenda pemilihan sekaligus, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.


Baca juga: Pencuri sarang walet dikepung saat beraksi

Baca juga: KPU Kotim gelar simulasi langsung di TPS libatkan pemilih

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar