Distransnakerkop dan UKM Gumas bantu pengecekan status penerima bantuan

id Distransnakerkop,UKM Gumas ,Distransnakerkop dan UKM Gumas bantu pengecekan status penerima bantuan,gunung mas

Distransnakerkop dan UKM Gumas bantu pengecekan status penerima bantuan

Kabid Kelembagaan, Pemberdayaan dan Pengawasan Koperasi dan UKM pada Distransnakerkop dan UKM Gumas Margaretha (berdiri) dan pegawai Distransnakerkop dan UKM Gumas membantu memeriksa status penerima bantuan salah satu pelaku usaha yang datang ke kantor dinas setempat, Rabu (2 Desember 2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah turut membantu pelaku usaha dalam memeriksa status penerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif secara online.

Kepala Distransnakerkop dan UKM Gumas Sudin melalui Kepala Bidang Kelembagaan, Pemberdayaan dan Pengawasan Koperasi dan UKM Margaretha di Kuala Kurun, Rabu mengatakan bantuan tersebut disiapkan oleh pihaknya karena tidak semua pelaku usaha bisa memeriksa secara online.

“Ada ribuan pelaku usaha asal Gumas yang telah didaftarkan untuk mendapat Banpres Produktif. Sebagian telah menerima, sebagian lagi masih menunggu hasil verifikasi yang dilakukan oleh provinsi,” ucapnya.

Baca juga: Distransnakerkop dan UKM Gumas dorong KSP urus izin usaha

Sebenarnya, ujar dia, pelaku usaha yang ingin mengetahui apakah mendapat Banpres Produktif atau tidak dapat memeriksa sendiri dengan mengunjungi https://eform.bri.co.id/bpum, dan mengikuti beberapa proses lebih lanjut secara online.

Disamping itu, Distransnakerkop dan UKM Gumas juga telah gencar menyosialisasikan cara memeriksa status penerima bantuan kepada pelaku usaha, supaya mereka dapat memeriksa sendiri secara online.

“Hanya saja, sebagian dari mereka memang tidak memiliki komputer, laptop, atau smartphone android untuk memeriksa secara online. Jadi kami ikut membantu memeriksa status penerima bantuan,” bebernya.

Baca juga: Ini harapan legislator terhadap Ketua MD-AHK Gumas

Dia mempersilahkan kepada pelaku usaha yang terkendala dalam memeriksa status penerima bantuan, dengan datang ke kantor Distransnakerkop dan UKM Gumas, setiap jam kerja. Nantinya pegawai Distransnakerkop dan UKM Gumas akan membantu memeriksa secara online.

Lebih lanjut, sejauh ini sejumlah pelaku usaha di Gumas telah menerima Banpres Produktif. Hanya saja, untuk jumlah rincinya masih belum diketahui, karena bantuan disalurkan melalui pihak bank dan pihak bank tidak menyampaikan data kepada Distransnakerkop dan UKM Kabupaten Gumas.

Bagi pelaku usaha yang ingin mengetahui apakah mendapat Banpres Produktif atau tidak bisa memeriksa sendiri dengan mengunjungi https://eform.bri.co.id/bpum, lalu memasukan nomor KTP, memasukan kode verifikasi, dan klik proses inquiry.

“Jika tidak mendapat bantuan artinya tidak lolos verifikasi yang dilakukan oleh BPKP provinsi. Distransnakerkop dan UKM Gumas hanya mengusulkan ke BPKP provinsi dan mereka lagi yang mengirim ke kementerian,” jelas Margaretha.

Baca juga: Legislator berharap BKMT Gumas tidak menjadi sarana politik

Baca juga: Legislator Gumas imbau masyarakat tidak khawatir datang ke TPS

Baca juga: Legislator Gumas sambut baik pembenahan sejumlah jalan dalam kota