Wali kota Palangka Raya antar langsung bantuan korban banjir di Kalsel

id banjir kalsel,fairid naparin,emi abriyani,Wali kota Palangka Raya antar langsung bantuan banjir di Kalsel

Wali kota Palangka Raya antar langsung bantuan korban banjir di Kalsel

Wali kota Palangka Raya Fairid Naparin (kanan) saat melepas keberangkatan rombongan penyaluran bantuan untuk korban banjir Kalsel di Palangka Raya, Senin (18/1/2021). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin memimpin langsung pengantaran dan penyaluran bantuan bagi korban bencana di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Hari ini saya bersama tim pemerintah kota dan relawan menyerahkan langsung bantuan bagi para saudara-saudara kita yang korban bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan," kata Fairid sebelum keberangkatan di Palangka Raya, Senin siang.

Dia menerangkan, bantuan yang disalurkan itu merupakan sumbangan yang dihimpun dari instansi pemerintah, masyarakat dan organisasi masyarakat di Kota Palangka Raya.

Pada penyerahan sumbangan itu wali kota turut didampingi Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani beserta tim, pihak dinas sosial kota, Satpol PP, relawan dan organisasi masyarakat serta TNI, Polri yang melakukan pengawasan.

Baca juga: Jokowi periksa kerusakan infrastruktur, evakuasi dan logistik di Banjar

"Amanah yang dititipkan warga Palangka Raya untuk korban banjir di Kalsel akan kami sampaikan secara utuh. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di sana," kata wali kota di halaman kantor wali kota.

Sementara itu, Kepala BPBD "Kota Cantik" Emi Abriyani menerangkan bantuan yang disalurkan itu dikumpulkan dalam beberapa hari yang pengumpulannya dipusatkan di BPBD kota setempat.

Dia menerangkan, bantuan yang disalurkan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan itu mulai dari kebutuhan pangan seperti beras, minyak goreng, mie instan, teh celup, kopi dan susu.

Kemudian juga berbagai jenis pakaian bayi, anak dan dewasa, selimut, bantal, guling dan perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo serta sejumlah obat-obatan.

Baca juga: Jokowi: Banjir besar Kalsel jadi yang pertama dalam 50 tahun

"Selain itu kami juga berhasil mengumpulkan bantuan berupa uang tunai dengan jumlah total mencapai Rp51 juta lebih. Semua akan kami salurkan dengan cara kami serahkan ke pemerintah di Kalimantan Selatan," kata Emi.

Dia menambahkan, pada proses penyerahan bantuan tersebut direncanakan rombongan Pemerintah Kota Palangka Raya akan di sambut tim BPBD Provinsi Kalimantan Selatan di wilayah perbatasan kedua provinsi.
Selanjutnya Wali Kota Palangka Raya beserta jajarannya akan disambut Wali Kota Banjarmasin saat rombongan tiba di lokasi serah terima.
 
Sementara itu, sampai saat ini berbagai kalangan masyarakat di Kota Palangka Raya terus menggalang bantuan bagi korban banjir di Kalimantan Selatan. Ada yang menggalang bantuan di kawasan lampu merah, mendirikan posko, atau melalui badan amil zakat.

Baca juga: Pemprov perkuat sinergi hadapi potensi banjir di Kalteng

Baca juga: Tak bisa susuri sungai, Jokowi pantau banjir Kalsel dari atas jembatan

Baca juga: Banjir Barabai surut hingga warga bersihkan rumah sisa lumpur