Toyota tambah mobil listrik dan 'hybrid' tahun ini

id Toyota , mobil listrik,hybrid,Toyota tambah mobil listrik dan 'hybrid' tahun ini

Toyota tambah mobil listrik dan 'hybrid' tahun ini

FILE PHOTO: Toyota Motor Corp's revamped Mirai hydrogen fuel cell car is displayed at its launching event in Tokyo, Japan, December 9, 2020. REUTERS/Tim Kelly/File Photo (REUTERS/TIM KELLY)

Jakarta (ANTARA) - Toyota akan meluncurkan dua mobil listrik bertenaga baterai serta satu mobil hybrid pada tahun ini, khusus untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Namun, perusahaan Jepang berlogo tiga elips itu tidak membocorkan model mobil yang akan dirilis tahun ini, mereka hanya menyatakan bahwa satu mobil itu akan berjenis sport utliity vehicle (SUV).

Toyota dalam konferensi pers, Rabu (10/2) dilansir Reuters, menyatakan bahwa rencana penambahan model itu sejalan dengan target perusahaan, yakni 40 persen mobil mereka berpenggerak listrik pada 2025, dan 70 persen pada 2035.

Baca juga: Toyota lampaui Volkswagen jadi produsen otomotif terbesar di dunia

Toyota mengambil langkah berbeda dari pabrikan mobil lainnya, yakni mendorong penggunaan mobil hybrid ketimbang mobil bertenaga baterai.

Alasannya, Toyota berpendapat harga mobil hybrid akan lebih terjangkau daripada mobil baterai.

"Kami yakin cara tercepat untuk menurunkan gas rumah kaca di sektor transportasi adalah dengan menawarkan pilihan karbon rendah kepada pengemudi yang sesuai dengan kebutuhan mereka," kata Gill Pratt, kepala riset Toyota AS.

Pratt mengatakan, ide mobil listrik dengan baterai besar dan daya jelajah hingga 480 kilometer tidak masuk akal, karena rata-rata orang AS berpergian sejauh 52 kilometer per harinya.

Kendati demikian, Toyota tetap memperhatikan sektor mobil baterai di sela-sela fokus mereka pada mobil hybrid demi memberikan lini produk yang lengkap kepada konsumen.

Baca juga: Toyota didenda 180 juta dolar AS karena ini

Baca juga: Toyota luncurkan mobil listrik berpenumpang dua orang

Baca juga: Produksi Toyota di Inggris dan Prancis dihentikan