Kelurahan Kalawa terima bantuan kapal untuk pengembangan pariwisata

id Kelurahan Kalawa terima bantuan kapal untuk pengembangan pariwisata, wisata, pariwisata, pulang pisau

Kelurahan Kalawa terima bantuan kapal untuk pengembangan pariwisata

Pokdarwis Kelurahan Kalawa menerima bantuan kapal dari Ketua Pokja Percepatan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau Triono Rahyudi. ANTARA/ HO-Avenger Pulang Pisau

Pulang Pisau (ANTARA) - Ketua Pokja Percepatan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Triono Rahyudi menyerahkan bantuan kapal kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kelurahan Kalawa khususnya di kabupaten setempat, sebelum berpindah tugas menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Provinsi Bali. 

“Dengan terbentuk dan berdirinya Pokdarwis di Kelurahan Kalawa Kecamatan Kahayan Hilir diharapkan dapat memotivasi masyarakat dan menjadi pion dalam memajukan destinasi wisata di desa maupun kelurahan,” kata Triono Rahyudi, Minggu. 

Dalam pembangunan kepariwisataan, Triono menekankan, perlu adanya dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata, tidak terkecuali Pokdarwis. Sektor pariwisata harus bangkit, demi mendukung pemulihan ekonomi di masyarakat setempat, terlebih di masa pandemi COVID-19. 

Menurut Triono, Pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi sangat penting dalam pembangunan pariwisata di daerahnya. 

Keberadaan Pokdarwis perlu mendapatkan dukungan pembinaan sehingga dapat berperan aktif dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan kegiatan pariwisata di daerah. 

Selain menyerahkan kapal untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kelurahan Kalawa, Triono Rahyudi juga menyempatkan berdiskusi tentang kepariwisataan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap upaya menumbuh kembangkan di sektor kepariwisataan. 

Lurah Kalawa Kecamatan Kahayan Hilir Endra Setiawan mengapresiasi bantuan kapal untuk mendukung sektor pariwisata di kelurahan setempat. Selain itu, kelurahan yang dekat dengan pusat kota Pulang Pisau ini potensial dikembangkan karena di dalamnya terdapat situs Kapal Banama yang ditemukan dan memiliki historis bagi masyarakat setempat. 

Dalam rangkaian penyerahan kapal tersebut, terang Endra, juga dilaksanakan parade perahu atau alkon serta menggali berbagai potensi pariwisata lain di kelurahan setempat yang diikuti sebanyak 45 perahu. Dirinya berharap, ke depan parade perahu alkon ini menjadi agenda tahunan yang bisa dikembangkan dan menjadi brand bagi Kelurahan Kalawa. 

Baca juga: Legislator dorong Pemkab Kapuas lebih serius membuka akses desa terisolisasi