DPRD Palangka Raya ingatkan kompilasi serapan aspirasi eksekutif dan legislatif

id DPRD Palangka Raya ingatkan kompilasi serapan aspirasi eksekutif dan legislatif, Kalteng, DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya ingatkan kompilasi serapan aspirasi eksekutif dan legislatif

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto berharap pemerintah setempat bisa mengompilasikan serapan aspirasi eksekutif harus ditingkatkan.

"Kami ingin sinergitas antara lembaga eksekutif dan legislatif bisa terus ditingkatkan dalam upaya merealisasikan pembangunan yang bersumber dari aspirasi masyarakat," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Ia mengatakan, secara prinsip selain musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan oleh pihak eksekutif, maka ada pula kegiatan reses yang dilakukan para anggota legislatif di daerah pemilihan masing-masing.

Melalui momen-momen tersebut, eksekutif dan legislatif menyerap aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan. Perlu kompilasi dan sinergi agar perjuangan bisa sejalan sehingga lebih efektif dalam harapan masyarakat.

Jika terjadi kolaborasi dalam hal penyerapan aspirasi, maka sejumlah pembangunan di kota ini diyakini akan berjalan baik dan membawa manfaat maksimal meski dengan dana yang terbatas.

"Dalam kegiatan serap aspirasi tersebut, tercipta siklus proses pembangunan yang terkait dengan pembangunan daerah. Baik ditingkat kelurahan, kecamatan hingga kota," ucapnya.

Sigit yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalteng, pada prinsipnya pihaknya terus mendukung usulan yang bersifat skala prioritas untuk membangun provinsi setempat ke arah yang lebih baik.

DPRD setempat sesuai dengan tupoksinya dalam hal perencanaan anggaran, legislasi dan pengawasan, akan terus mendukung serta menyukseskan program pembangunan yang dilaksanakan.

Sementara itu di sisi lain, pemkot setempat saat ini masih memfokuskan pada masalah pembenahan infrastruktur, sehingga upaya tersebut tidak lepas dari dukungan pihak legislatif.

"Kami dari DPRD tentu mendukung pembenahan infrastruktur. Akan tetapi program ini harus terencana dengan baik, dengan tetap mengedepankan skala prioritas maupun target," bebernya.

Pantauan di lapangan, sejumlah jalan dan drainase sudah pada tahun sebelumnya sudah dilakukan peningkatan. Kegiatan tersebut menindaklanjuti usulan masyarakat dan dari musrenbang di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Baca juga: Polda Kalteng buka perekrutan anggota Polri