Gubernur tinjau kondisi saluran irigasi di Kapuas

id Food estate kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, kapuas, pulang pisau, ketahanan pangan, saluran irigasi, pertanian

Gubernur tinjau kondisi saluran irigasi di Kapuas

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melihat pemasangan pompa pada saluran irigasi di A1 dan saluran primer Sungai Sambu, Desa Bentuk Jaya, Sabtu, (6/3/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Guna memastikan setiap tahapan pelaksanaan Program Food Estate di Kabupaten Kapuas maupun Pulang Pisau berjalan baik, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup.

Dalam kunkernya pada Sabtu (6/3) tersebut, Sugianto Sabran beserta jajaran meninjau saluran irigasi sekunder di A1 dan saluran primer Sungai Sambu yang berada di Desa Bentuk Jaya.

"Bersama-sama mari kita sukseskan pelaksanaan Program Food Estate ini," katanya di sela kunjungannya.

Dalam rilis yang diterima di Palangka Raya tersebut, gubernur berharap adanya pengembangan food estate mampu meningkatkan hasil dari pertanian, serta membuka lapangan kerja.

Adapun dalam peninjauan tersebut tampak saluran irigasi sekunder di A1 dan saluran primer saat ini sedang dipasang pompa oleh pihak Kementerian Pertanian.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti menjelaskan, peninjauan tersebut salah satunya untuk melihat langsung pemasangan pompa pada dua saluran irigasi.

Mulai dari peninjauan saluran irigasi sekunder A1 yang sedang dipasang pompa oleh Kementerian Pertanian, guna membantu mengeluarkan air dari lahan.

"Meninjau saluran primer Sungai Sambu yang juga dipasang pompa dengan kapasitas lebih besar yaitu 22 PK. Itu juga salah satunya untuk mengurangi air yang ada di lahan," terangnya.

Turut mendampingi gubernur pada peninjauan tersebut, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahudin, serta Kepala Bappedalitbang Kalteng Yuren S Bahat.

Sedangkan peninjauan yang dilakukan gubernur tersebut merupakan rangkaian kunker awal tahun 2021. Setelah sebelumnya gubernur beserta perangkat daerah terkait melaksanakan kunker ke sejumlah kabupaten lain di Kalteng. Seperti Kotawaringin Barat, Sukamara, Seruyan, hingga Kotawaringin Timur.

Rangkaian kunker tersebut bertujuan meninjau langsung perkembangan pembangunan di daerah sekaligus mengetahui kondisi masyarakat, serta menyerap aspirasi pembangunan dari tingkat bawah.