Mantri BRI Palangka Raya bantu pelaku UMKM berkembang

id Mantri bri, Bri cabang palangka raya, bri palangka raya, kacab bri palangka raya, setyo agung yulianto, kur bri mikro, kur bri super mikro, umkm, pand

Mantri BRI Palangka Raya bantu pelaku UMKM berkembang

ILUSTRASI - Perajin menyelesaikan pembuatan kursi rotan. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.

Palangka Raya (ANTARA) - Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Palangka Raya, Kalimantan Tengah Setyo Agung Yulianto mengatakan, pihaknya memiliki sederet tenaga handal dan profesional untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis atau usahanya.

"Kami memiliki tenaga handal dan profesional, salah satunya adalah Mantri BRI," katanya saat dihubungi dari Palangka Raya, Rabu.

Menurutnya Mantri merupakan ujung tombak bagi BRI khususnya yang berkaitan dengan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini dikarenakan para Mantri ada di setiap desa dan dikenal oleh masyarakat maupun pelaku UMKM. Begitu juga di berbagai pasar di wilayah setempat, para Mantri juga dekat dan dikenal para pedagang.

"Mereka para Mantri ini, bukan hanya sebatas pegawai BRI, bukan hanya tenaga pemasar, tetapi juga saudara para pelaku UMKM," ucapnya.

Hal ini dikarenakan para Mantri tak hanya bertugas memberikan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), tetapi mereka juga membantu menganalisa dan bertindak sebagai konsultan bagi pelaku UMKM.

"Mantri sebagai konsultan bagi UMKM. UMKM membutuhkan apa, Mantri membantu dan memberikan solusi bagi mereka," ungkap Setyo.

Mantri dinilai memiliki peran yang sangat strategis agar perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM bisa terus berkembang dan meningkat. Para Mantri juga berkontribusi dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Adapun pada wilayah kerja BRI Cabang Palangka Raya, terdapat sekitar 70 Mantri yang tersebar pada 17 BRI Unit, baik di Palangka Raya, Katingan maupun Gunung Mas.