Upaya Dinkes Gumas tingkatkan kualitas tenaga promosi kesehatan

id Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas,Kalimantan Tengah,Upaya Dinkes Gumas tingkatkan kualitas tenaga promosi kesehatan,Maria Efianti

Upaya Dinkes Gumas tingkatkan kualitas tenaga promosi kesehatan

Sekretaris Dinkes Gumas Evelnie bersama Ketua panitia kegiatan Selvi Oktavianti dan lainnya berfoto bersama saat pembukaan Pertemuan orientasi teknis promkes, di Kuala Kurun, Kamis (8/4/2021). (ANTARA/HO – Dinkes Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar Pertemuan orientasi teknis promosi kesehatan (promkes) bagi tenaga promkes di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), di Kuala Kurun, Kamis.

Kepala Dinkes Gumas Maria Efianti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dinkes Gumas Evelnie mengatakan bahwa tenaga promkes dapat menjadi elemen penting dari kampanye gerakan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Tenaga promkes dapat menjadi elemen penting karena mereka merupakan sosok yang berinteraksi langsung di tingkatan masyarakat, serta mengetahui kondisi di lapangan sebagai bagian dari institusi puskesmas,” ucapnya.

Guna mengoptimalkan fungsi puskesmas dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan, diperlukan adanya kebijakan, langkah-langkah, dan upaya strategis sebagai acuan penyelenggaraan pelayanan di puskesmas. Salah satunya adalah upaya promkes dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Bupati Gumas ajak milenial jadi petani modern

Promkes, tutur dia, merupakan salah satu upaya strategis dalam mendukung terwujudnya perilaku sehat di masyarakat, yang nantinya akan berdampak pada tercapainya pembangunan kesehatan di puskesmas.

Penyelenggaraan promkes hendaknya terintegrasi dengan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan di puskesmas, sehingga dapat berdampak pada peningkatan kinerja puskesmas serta mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal Kabupaten/Kota bidang kesehatan.

Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan petugas promkes mampu menyelenggarakan pelayanan dan meningkatkan kinerja, sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan di dalam dan di luar gedung puskesmas.

Baca juga: Warga Gumas usia 15 tahun sudah bisa perekaman e-KTP

Terlebih, Bupati dan Wakil Bupati Gumas mempunyai tiga program unggulan yakni Smart Agro, Smart Tourism, dan Smart Human Resources yang artinya pertanian, pariwisata, serta sumber daya manusia yang unggul.

Dia berharap orientasi teknis promkes bagi tenaga promkes di puskesmas dapat mewujudkan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Gumas yakni Smart Human Resources.

Ketua panitia kegiatan Selvi Oktavianti mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 17 orang tenaga promkes yang berasal dari 17 puskesmas di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Narasumber kegiatan ini berasal dari Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kalteng dan Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat dari Dinkes Kotawaringin Timur,” demikian Selvi Oktavianti.

Baca juga: Legislator sarankan DPKP Gumas fleksibel menentukan syarat penerima bantuan

Baca juga: Berikut ini sebaran penduduk Gumas per kecamatan

Baca juga: Legislator Gumas sambut baik keluarnya SK pengangkatan PPPK

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar