Saham Juventus dan MU anjlok seiring kecaman Liga Super Eropa

id Saham Juventus,saham mu,Liga Super Eropa,Saham Juventus dan MU anjlok seiring kecaman Liga Super Eropa,Harga saham Manchester United

Saham Juventus dan MU anjlok seiring kecaman Liga Super Eropa

Ilustrasi - Suasana di lantai Bursa Saham New York, Wall Street, Amerika Serikat. ANTARA/REUTERS/Brendan McDermid/pri. (ANTARA/REUTERS/Brendan McDermid)

Jakarta (ANTARA) - Harga saham Manchester United (MU) dan Juventus pada Selasa merosot setelah rencana Liga Super Eropa kini berada di ambang keruntuhan menyusul kecaman dan reaksi keras dari para penggemar.

Di Wall Street, saham Manchester United turun 6,0 persen, mengembalikan sebagian besar kenaikan yang mencapai hampir tujuh persen pada Senin (19/4) atau sehari setelah Liga Super Eropa dibentuk Minggu (18/4).

Sementara di Milan, harga saham Juventus turun 4,2 persen setelah menutup hari sebelumnya pada level tertinggi sejak September 2020.

Kedua tim tersebut berada di antara klub-klub besar Eropa yang menggagas kompetisi Liga Super Eropa yang menjamin imbalan hingga miliaran dolar bagi para inisiatornya.

Baca juga: Presiden FIFA beri peringatan pada klub Liga Super Eropa

Namun, rencana tersebut justru menuai kemarahan dari berbagai pihak, termasuk penggemar, otoritas sepak bola hingga kepala negara.

Nasib Liga Super Eropa pun kini kian terancam setelah seluruh klub Inggris pada hari ini telah mengumumkan pengunduran diri mereka dari kompetisi tandingan Liga Champions tersebut.

Liga Super Eropa kini hanya menyisakan tiga klub Italia, yakni AC Milan, Inter Milan dan Juventus serta tim-tim Spanyol, Atletico Madrid, Barcelona dan Real Madrid, yang presidennya Florentino Perez didapuk sebagai ketua umum.

Terlepas dari kekisruhan yang terjadi, Bank investasi Amerika Serikat JP Morgan sebagai penyokong dana proyek tersebut mengumumkan pada Senin bahwa tidak akan ada perubahan apa pun terkait rencananya itu, demikian AFP.

Baca juga: Guardiola: Format Liga Super Eropa tak sesuai prinsip olahraga

Baca juga: Manchester City dilaporkan akan mundur dari Liga Super Eropa

Baca juga: Benarkah Liga Super Eropa rugikan klub-klub kecil?