Personel Kodim 1016/Plk laksanakan pengamanan bandara usai libur Lebaran

id Kodim 1016 palangka raya, bandara tjilik riwut, pengamanan pasca libur lebaran, palangka raya, arus balik, kalteng, kalimantan tengah

Personel Kodim 1016/Plk laksanakan pengamanan bandara usai libur Lebaran

Personel Kodim 1016 Palangka Raya bersama tim gabungan lainnya menjaga keamanan di wilayah bandara pasca libur Lebaran, Senin, (17/5/2021). (ANTARA/Ho-Pendim 1016/Plk)

Palangka Raya (ANTARA) - Personel Kodim 1016 Palangka Raya, Kalimantan Tengah dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan di Bandar Udara Tjilik Riwut, setelah libur Lebaran guna mencegah terjadinya ledakan penyebaran COVID-19.

Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf Gede Putra Yasa, Senin, mengatakan, penempatan personel di lokasi tersebut dalam rangka memperkuat penjagaan serta aktivitas pengamanan di wilayah setempat.

"Penempatan personel kami di Bandara Tjilik Riwut selain melakukan pengamanan sekaligus mengawasi aktivitas pengunjung di wilayah setempat pasca libur Lebaran," kata Gede.

Perwira TNI berpangkat bunga melati tiga itu menuturkan, pengawasan yang dilakukan yakni memastikan semua pengunjung yang berada di bandara menaati protokol kesehatan secara baik dan benar.

Hal tersebut diperketat agar para pengunjung bandara, tidak mudah terpapar virus COVID-19 yang selama ini bentuk atau wujudnya sama sekali tidak terlihat secara kasat mata tersebut.

"Maka dari itu pengetatan protokol kesehatan di kawasan setempat wajib ditegakkan, untuk melindungi pengunjung bandara dari wabah yang sudah satu tahun lebih berada di Palangka Raya," ungkapnya.

Selain itu, sambung orang nomor satu di Kodim 1016 Palangka Raya tersebut, personelnya juga dilibatkan dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang perpanjangan larangan mudik Lebaran hingga 24 Mei 2021 mendatang.

Dengan adanya perpanjangan larangan mudik kurang lebih satu minggu itu, personel Kodim 1016 Palangka Raya tetap menjalankan tugasnya bersama tim gabungan lainnya yang juga sama mendapat tugas dari pimpinan dan negara.

"Saya berpesan agar personel yang bertugas selalu mengimbau dan mensosialisasikan kebijakan pemerintah secara persuasif serta mengedepankan sikap yang humanis," tutup Gede.

Berdasarkan pantauan di lapangan, penerapan protokol kesehatan di kawasan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya berjalan dengan baik. Tim keamanan dan gabungan lainnya yang bertugas di lokasi setempat, juga selalu memberikan sosialisasi terhadap pengunjung, agar terhindar dari virus Corona.