Dandim 1016/Plk: Laporkan oknum TNI yang tidak netral di Pemilu 2024

id Dandim 1016/plk, Dandim 1016/Plk Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat.,Palangka Raya,Kalteng,Pemilu 2024

Dandim 1016/Plk: Laporkan oknum TNI yang tidak netral di Pemilu 2024

Dandim 1016/Plk Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Dandim) 1016/Plk Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat di Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendorong sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat, agar melaporkan ke Kodim setempat apabila ada oknum anggota TNI yang tidak netral di pemilihan umum tahun 2024.

"Kalau ada menemukan anggota kita yang tidak netral dalam Pemilu 2024, segera laporkan ke Kodim. Di sana ada pos layanan pengaduannya," kata Wahyu di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, apabila melaporkan oknum TNI yang benar-benar terlibat politik praktis maka masyarakat wajib menyertakan juga dua alat buktinya agar personel tersebut nantinya dikenakan sanksi sesuai dengan perbuatannya.

Misalnya yang bersangkutan kesalahan namun arahnya pidana, tentunya yang bersangkutan akan diserahkan ke hukum positif. Sedangkan kalau hanya melakukan indisipliner, tentunya yang bersangkutan akan diadili dengan peradilan di TNI itu sendiri.

"Sanksinya berat atau tidaknya itu semua dilihat dari kesalahan mereka. Tetapi sanksi yang paling berat yakni bisa sampai ke pemecatan," katanya.

Ia juga mengungkapkan, bahwasanya 240 personel Kodim 1016/Plk terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024 dan saat ini sudah mulai masa kampanye. Tidak hanya itu para personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu itu juga diingatkan agar menjaga disiplin.

Baca juga: Debat cawapres digelar di JCC 22 Desember 2023

Sesuai dengan arahan bapak panglima TNI jangan sampai ada anggota TNI harus netral dalam pesta demokrasi lima tahun sekali ini.

"Kita tegak lurus sesuai arahan bapak Panglima TNI, kita harus netral pada pemilu ini jangan sampai terlibat hal-hal yang berbau politik dan saat berada di lapangan jalankan SOP sebagai anggota TNI," demikian Wahyu.

Sampai saat ini kondisi Kota Palangka Raya selama masa kampanye dilaksanakan masih berjalan aman dan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
Bahkan seluruh aparat keamanan baik itu TNI-Polri serta stakeholder lainnya juga gencar memberikan imbauan terhadap masyarakat agar menjaga keamanan jelang pemilu.

Baca juga: Radio dan televisi berperan sebagai media katalisator sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Gubernur tegaskan Kalteng kedepankan pencegahan konflik sosial jaga kamtibmas

Baca juga: KPU Kalteng sosialisasikan pemilu melalui nobar "Kejarlah Janji"