Radio dan televisi berperan sebagai media katalisator sukseskan Pemilu 2024

id Pemprov Kalteng, sekda Kalteng, Nuryakin, kpid, komisi penyiaran Indonesia daerah, radio dan televisi, media katalisator, pemilu 2024, kalteng, Kalima

Radio dan televisi berperan sebagai media katalisator sukseskan Pemilu 2024

Foto Arsip - Sejumlah warga menyaksikan debat perdana Capres dan Cawapres 2024 melalui tayangan televisi. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/aww.

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan radio maupun televisi merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting sebagai media katalisator dalam dinamika penyiaran untuk mendukung suksesnya Pemilu 2024.
 
"Saya berpesan, agar semua lembaga penyiaran radio dan televisi dapat menjadi media pemersatu bangsa, menangkal berbagai hoaks, kampanye hitam dan isu SARA yang bisa menimbulkan perpecahan," pinta Sekretaris Daerah Kalimantan Nuryakin di Palangka Raya, Sabtu. 
 
Nuryakin menjelaskan, hal ini perlu ia tekankan dalam rangka menyongsong diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang sebentar lagi terlaksana maupun saat ini sejumlah tahapan sudah mulai berjalan. 
 
"Kami minta radio maupun televisi dapat memberikan informasi terpercaya dan menyejukkan masyarakat," tuturnya. 

Baca juga: Gubernur tegaskan Kalteng kedepankan pencegahan konflik sosial jaga kamtibmas

Baca juga: DWP Kalteng diharap terus meningkatkan perannya dalam pembangunan
 
Hal ini bertujuan agar keharmonisan dan kondusivitas di Indonesia pada umumnya dan Kalimantan Tengah khususnya selalu terjaga, seperti halnya kondisi saat ini hidup berdampingan antara satu dan lainnya dengan sangat baik. 
 
Lebih lanjut Nuryakin menyampaikan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Tengah juga memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan penyiaran yang sehat. 
 
"Sehingga mampu memberi informasi yang layak dan benar kepada masyarakat, serta mampu mengangkat kearifan lokal," tutur Nuryakin. 
 
Dia mengharapkan ke depan lembaga penyiaran televisi dan radio di Kalimantan Tengah semakin terpacu semangatnya untuk melahirkan beraneka ragam inovasi dan kreasi, dalam mewujudkan program-program siaran yang sehat serta berkualitas.