Pentingnya langkah antisipasi cegah kebakaran di Barsel

id Apar barsel, barito selatan, alat pemadam kebakaran, buntok, kalteng, kalimantan tengah, instalasi listrik, dprd barsel ideham

Pentingnya langkah antisipasi cegah kebakaran di Barsel

Ilustrasi - APAR. (ANTARA/Rendhik Andika)

Buntok (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Ideham menilai, lingkungan perkantoran maupun pertokoan di wilayah setempat perlu dilengkapi alat pemadam api ringan (APAR).

Alat pemadam api ringan ini sangat penting disediakan sebagai langkah antisipasi awal apabila terjadi kebakaran, katanya saat dihubungi dari Buntok, Kamis.

"Kami juga meminta pihak kecamatan memberi imbauan terkait hal itu kepada semua pihak untuk mempersiapkan APAR ini," katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan itu juga menyampaikan, agar warga bisa memeriksa kondisi instalasi listrik di rumah atau bangunan miliknya.

Jika kondisi instalasi listriknya sudah cukup lama dan dikhawatirkan dapat menimbulkan bahaya, agar bisa segera menggantinya untuk meminimalisir terjadinya korsleting maupun hal lain yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Ia juga berharap, pemadam kebakaran melalui unit pencegahan yaitu tim monitoring untuk mengecek berbagai tempat, baik di pasar, rumah makan, toko hingga perusahaan untuk memastikan mereka sudah memiliki APAR.

"Kami minta tim dari Pemadam Kebakaran Barito Selatan melalui unit pencegahan yaitu tim monitoring, melakukan pengecekan untuk memastikan adanya APAR," harapnya.

Kemudian tim monitoring juga diharapkan melakukan pengecekan terhadap APAR yang ada, apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak.

Disamping itu pihaknya juga mengimbau masyarakat supaya selalu waspada, mengecek kompor dan alat kelistrikan lainnya apakah sudah dimatikan sebelum meninggalkan rumah.

"Guna menghindari dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," demikian Ideham.

Ideham mengingatkan semua pihak, guna menekan berbagai potensi terjadinya kebakaran secara optimal, maka diperlukan kesadaran dan komitmen bersama untuk melakukan sejumlah langkah yang ia jabarkan tersebut.