Pemkot Palangka Raya ajukan pembangunan tiga pelabuhan ke Kemenhub

id Pemkot Palangka Raya ajukan pembangunan tiga pelabuhan ke Kemenhub, Kalteng, Palangka raya

Pemkot Palangka Raya ajukan pembangunan tiga pelabuhan ke Kemenhub

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan. ANTARA/Rendhik Andika

"Lokasi yang kita mohonkan untuk dibangun pelabuhan oleh Kemenhub yakni Pelabuhan Tangkiling, Pelabuhan Rambang dan Pelabuhan Tanjung Pinang,"

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mengajukan bantuan pembangunan tiga pelabuhan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Lokasi yang kita mohonkan untuk dibangun pelabuhan oleh Kemenhub yakni Pelabuhan Tangkiling, Pelabuhan Rambang dan Pelabuhan Tanjung Pinang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan, Kamis.

Alman mengatakan, pengajuan pembangunan tiga pelabuhan itu disampaikan oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin melalui Dirjen di Kementerian Perhubungan.

"Kami berharap pembangunan itu dapat segera direalisasikan. Bentuk pembangunan dan penataannya, termasuk nilai anggaran nanti sepenuhnya diserahkan ke Kementerian Perhubungan," katanya.

Menurut pria yang pernah menjadi Kepala Inspektorat "Kota Cantik" itu, pembangunan tiga pelabuhan tersebut diharapkan akan mampu menopang kehidupan masyarakat serta meramaikan jalur transportasi sungai.

"Kita ambil contoh di Pelabuhan Tangkiling. Di sana menjadi salah satu titik transportasi sungai. Lebih jauh kita berharap nantinya juga dapat menopang program 'food estate' yang ada di Kabupaten Gunung Mas," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Pelabuhan Tangkiling juga merupakan akses masyarakat dan wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Kaja sebagai salah satu pusat rehabilitasi orangutan.

Selanjutnya Pelabuhan Rambang yang lokasinya berada di Pusat Kota Palangka Raya merupakan pelabuhan paling aktif dan paling ramai aktivitas bongkar muat barang.

Baca juga: Satgas Palangka Raya lakukan PCR-antigen ke 108 pengunjung cafe

Pelabuhan Rambang oleh masyarakat juga dimanfaatkan menjadi salah satu objek wisata bagi warga sekitar untuk menikmati suasana Sungai Kahayan di pagi dan sore hari.

"Untuk itu pembangunan tiga pelabuhan itu selain berdampak ekonomi, transportasi air juga akan meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Kota Palangka Raya yang diketahui pesona wisata didominasi nuansa alam," kata Alman.

Pria yang pernah menjadi Kepala Satpol PP ini mengatakan karena keterbatasan anggaran, bantuan pembangunan pelabuhan oleh Kementerian Perhubungan sangat diperlukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

"Untuk itu, melalui berbagai upaya pembiayaan pembangunan kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik yang salah satunya dengan mengajukan ke pemerintah pusat," demikian Alman.

Baca juga: Palangka Raya optimis akan raih predikat kota layak anak 2021

Baca juga: Palangka Raya optimis akan raih predikat kota layak anak 2021

Baca juga: Sukseskan pembelajaran tatap muka, legislator dorong percepatan vaksinasi guru


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar