Petugas jemput bola optimalkan vaksinasi COVID-19 terhadap lansia di Kapuas

id Petugas jemput bola optimalkan vaksinasi COVID-19 terhadap lansia di Kapuas, Kalteng,kapuas

Petugas jemput bola optimalkan vaksinasi COVID-19 terhadap lansia di Kapuas

Petugas aparat Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, bersama Bhabinkamtibmas setempat, menjemput sejumlah warga lanjut usia di desa setempat diantar untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, Jumat (11/6/2021). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 terhadap warga lanjut usia atau lansia di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terus dioptimalkan dengan cara jemput bola, seperti yang dilakukan petugas gabungan di Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir yang memberikan pelayanan antar jemput.

“Antar jemput ini merupakan salah satu pemberian pelayanan kepada masyarakat yang ingin divaksin, namun terkendala tidak adanya sarana mobilitas angkutan. Maka dari itu, kami melakukan jemput bola,” kata Kepala Desa Sei Asam, Masrawan, disela kegiatannya, Jumat.

Antar jemput warga lanjut usia ini menggunakan mobil ambulans milik pemerintah desa setempat, dengan menjemput satu persatu warga lanjut usia yang berusia di atas 50 tahun diantar ke Puskesmas Barimba, untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

“Alhamdulillah ini hari yang kedua, kesadaran masyarakat (lansia) untuk mengikuti vaksinasi mulai membaik. Saya ucapkan terima kasih kepada perangkat desa, kepala dusun dan ketua RT serta anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang selalu memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk kegiatan vaksin ini,” ucapnya.

Masrawan juga mengimbau kepada masyarakat di wilayahnya yang belum divaksinasi COVID-19 untuk segera mungkin melakukan vaksin. Pelayanan vaksinasi ini gratis atau tidak dipungut biaya. 

Baca juga: Pandemi COVID-19 turut menjadi alasan perubahan RPJMD Kapuas

Masyarakat tidak perlu khawatir karena vaksin yang digunakan sudah melalui pemeriksaan. Selain itu, vaksin tersebut sudah dinyatakan aman dan halal digunakan.

“Sangat luar biasa warga kita, khususnya lansia sangat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 ini,” katanya.

Ditambahkannya, jumlah warga lanjut usia di desa setempat berdasarkan data pihaknya yang berusia lebih dari 50 tahun sebanyak 165 orang. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebanyak 24 orang lansia.

Sementara itu, Yuyun, salah satu lansia asal Desa Sei Asam, sangat menyambut baik dan mengaku senang atas inisiasi pemerintah desa setempat memfasilitasi dirinya dalam mengikuti vaksinasi COVID-19.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada aparat desa yang sudah mengantar dan menjemput kami dalam mengikuti vaksinasi COVID-19 ini,” demikian Yuyun.

Baca juga: Dinsos Kapuas kerahkan personel bantu optimalisasi vaksinasi COVID-19