Dinsos Kapuas kerahkan personel bantu optimalisasi vaksinasi COVID-19

id Dinsos Kapuas kerahkan personel bantu optimalisasi vaksinasi COVID-19, Kalteng, kapuas

Dinsos Kapuas kerahkan personel bantu optimalisasi vaksinasi COVID-19

Petugas PSKS Dinsos Kabupaten Kapuas saat memfasilitasi warga yang ingin divaksinasi COVID-19 di pusat pelayanan kesehatan setempat, Rabu (9/6/2021). ANTARA/HO-Dinsos Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengerahkan seluruh personel, termasuk jaringan mereka turun ke lapangan untuk membantu petugas medis dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah setempat.

“Ini dalam rangka menyukseskan program Nasional percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kapuas,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Rabu.

Selain pegawai Dinas Sosial, jaringan juga dikerahkan seperti anggota Potensi Sosial Kesejahteraan Sosial (PSKS) pendamping PKH, TKSK, Tagana, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Karang Taruna.

Budi sudah menginstruksikan seluruh jajarannya di daerah setempat, untuk turut serta membantu tenaga medis dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 di kabupaten setempat. Vaksinasi terus gencar dilakukan terhadap tenaga kesehatan, pegawai pelayanan publik, warga lanjut usia atau lansia maupun masyarakat umum.

“Para petugas ini nantinya turut membantu dalam melakukan pendataan terhadap warga Lansia, penyandang disabilitas dan warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program bansos yang belum divaksin,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, upaya lain yang harus dilakukan yakni melakukan sosialisasi dan edukasi, pendampingan warga sampai kepada pengantaran dan penjemputan. Petugas juga diminta agar dalam melaksanakan kegiatannya senantiasa berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di wilayah masing-masing.

Baca juga: Kebakaran hanguskan gudang padi milik anggota DPRD Kapuas

“Hal ini dilakukan, merupakan wujud sinergi lintas sektor dalam rangka.mensukseskan program nasional untuk vaksinasi COVID-19 ini,” jelas mantan Camat Bataguh.

Budi juga mengharapkan seluruh PSKS dapat melaksanakan instruksi tersebut secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, sehingga pelaksanaan vaksinasi berjalan sesuai dengan harapan bersama dan tercapai sesuai target yang diinginkan.

Masyarakat di daerah setempat diharapakan tidak takut divaksin, karena vaksin ini aman, halal dan sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Mari kita sukseskan program nasional ini, demi memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 ini,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Bupati Kapuas minta satgas tegas tegakkan aturan