Masyarakat Dapil III Seruyan berharap pembangunan irigasi sawah

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Harry Darmawan, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, DPRD Seruyan, Kalteng ,pembangu

Masyarakat Dapil III Seruyan berharap pembangunan irigasi sawah

Anggota DPRD Seruyan Harry Darmwan di Kuala Pembuang.ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Harry Darmawan menyatakan bahwa masyarakat di dapil III mengharapkan pemerintah membangun irigasi persawahan, agar hasil pertanian padi dapat mengalami peningkatan.

"Harapan itu disampaikan pada saat melaksanakan reses ke dapil II beberapa waktu lalu," kata Harry di Kuala Pembuang, Senin.

Dikatakan, ada dua desa di Dapil III Seruyan yang mengharapkan pembangunan irigasi itu, desa Tanjung Paku dan Tumbang Hentas. Sebab, sampai sekarang ini, irigasi masih kurang baik mengaliri air ke persawahan milik masyarakat.

Wakil rakyat Seruyan itu mengatakan, saluran irigasi sangat penting untuk menunjang peningkatan hasil panen padi. Dengan adanya drainase yang memadai, maka petani tidak perlu takut lahan pertanian kebanjiran pada saat curah hujan tinggi.

"Kalau sudah ada irigasi, maka lahan pertanian milik masyarakat dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Harry.

Menurut dia, pembangunan saluran drainase di lahan pertanian ini sangat diperlukan selain untuk genangan air, hal ini juga untuk meningkatkan kesuburan tanah, peningkatan produksi tanaman dan dapat mengelola pasokan air.

Baca juga: Seruyan perlu kembangkan budi daya kepiting

Dan, untuk di Dapil III, masih sering terjadi kebanjiran atau air meluar hingga di lahan pertanian, sehingga dengan itu petani terancam gagal panen serta hasilnya yang kurang maksimal.

"Saya harap Pemkab Seruyan bisa membantu petani di wilayah Dapil III, agar para petani tersebut dapat maksimal mengelola pertanian mereka," kata Harry. 

Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan, bantuan yang dimaksud tersebut tidak hanya pembangunan saluran irigasi, akan tetapi seperti pupuk, bibit dan juga alat mesin pertanian (Alsintan) juga sangat diperlukan.

"Jadi, saluran drainase untuk pertanian itu penting sehingga memang perlu untuk dibangun, kita juga sangat mengharapkan agar penunjang lainnya seperti, bibit, pupuk dan alsintan juga dibantu, sehingga dapat mewujudkan Seruyan swasembada pangan," demikian Harry.

Baca juga: Legislator Seruyan ajak generasi muda punya karya untuk daerah

Baca juga: Partisipasi masyarakat Seruyan penting untuk sukseskan program vaksinasi

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar