Komisi I DPRD Barsel nilai penggunaan ADD dan DD berjalan baik

id Ketua Komisi I DPRDKabupatenBarito Selatan, Kalimantan Tengah, Raden Sudarto, Komisi I DPRDKabupatenBarito Selatan, DPRDKabupatenBarito Selatan, Kabup

Komisi I DPRD Barsel nilai penggunaan ADD dan DD berjalan baik

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan Raden Sudarto diwawancarai usai reses ke Desa Danau Ganting, Rabu (23/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Raden Sudarto menilai penggunaan dan penyaluran Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di wilayah setempat, sejauh ini sudah berjalan dengan baik.

"Penilaian itu berdasarkan hasil pantauan yang telah kami lakukan," kata Raden Sudarto usai melaksanakan kegiatan monitoring di Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan bersama sejumlah anggota DPRD lainnya, Rabu.

Meski begitu, dirinya berharap kedepannya supaya realisasi atau penyampaian ADD maupun DD yang sudah berjalan dengan bagus ini supaya bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Raden Sudarto juga mengingatkan dalam penyaluran dan penggunaan ADD dan DD ini juga harus dipastikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing-masing desa.

"Hal tersebut supaya manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat desa," ujar pria yang akrab disapa Alex itu.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyebut, dalam penggunaan ADD dan DD bisa tepat sasaran sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan aturannya.

"Tadi saat kita reses, ada usulan dari desa Danau Ganting terkait gaji RT dengan tunjangan perangkat desa yang meminta agar nilainya dinaikkan sedikit dari sebelumnya," terang dia.

Selain itu, kata dia, mereka juga mengusulkan supaya gaji perangkat desa yang selama ini dibayarkan dalam setiap 3 bulan sekali supaya bisa dibayarkan dalam setiap bulan.

"Kalau bisa gaji perangkat desa itu dibayarkan dalam setiap bulan, karena selama ini gaji dibayarkan setiap triwulan bahkan per semester," ucapnya.

Baca juga: Usulan masyarakat Dusun Selatan meliputi infrastruktur hingga jaringan listrik

Ia menyampaikan, seluruh aspirasi yang disampaikan masyarakat, baik itu berupa saran, masukan maupun pengaduan pada saat kegiatan reses yang telah dilaksanakannya itu akan dituangkan ke dalam laporan kegiatan reses.

Hasil reses ini nantinya kata Rusinah Andelen, akan disampaikan pihaknya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan untuk dapat menindaklanjutinya.

"Hasil reses ini akan menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan, agar pada pelaksanaan pembangunan dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat di daerah," demikian Raden Sudarto.

Baca juga: Legislator Barsel dorong lembaga adhoc terus kembangkan perairan darat

Baca juga: DPRD Barsel apresiasi Kemenag perjelas informasi haji dan umrah