Pemprov berupaya maksimal, Kontingen PON Kalteng diminta bersabar

id Pemprov kalteng, pon kalteng, pon papua, kadispora kalteng, falery tuwan, olahraga, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov berupaya maksimal, Kontingen PON Kalteng diminta bersabar

Foto Dokumentasi - Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura ditandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/aww.

berdampak terhadap keperluan lain termasuk bantuan hibah kegiatan olahraga yang jadwal pencairan anggarannya agak tertunda, akibat skala prioritas pelayanan kepada masyarakat sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia yaitu kesehatan
Palangka Raya (ANTARA) - Meski masih dilanda pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat ini tetap berupaya sesuai kemampuan daerah untuk mengirimkan kontingen menuju PON XX Papua tahun 2021.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng Falery Tuwan di Palangka Raya, Kamis, menyampaikan, hal ini sebagai dukungan terhadap perwujudan semangat nasional dalam bingkai NKRI, meski di tengah segala keterbatasan akibat pandemi.

"Pemprov telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk keperluan persiapan dan keberangkatan Kontingen Kalteng," jelasnya.

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 4 November 2021 di Papua dam sampai saat ini terus menjadi perhatian serius kontingen PON di seluruh provinsi di tanah air.

Menurutnya hal ini selaras dengan komitmen pemerintah pusat melalui beberapa pertemuan dan forum nasional yang selalu menggelorakan semangat NKRI, sebagai upaya mempererat nilai persatuan dan kesatuan, serta berbangsa dan bernegara.

Baca juga: 100 hari jelang PON, Menpora minta komunikasi internal ditingkatkan

Baca juga: Kominfo pastikan telekomunikasi PON Papua lancar

Hanya saja ia menyampaikan perlu diinformasikan kepada publik, Pemprov Kalteng saat ini masih fokus dalam penanganan pandemi COVID-19 yang belakangan mulai berkembang dengan varian baru yang cukup meresahkan.

"Sehingga jadwal penggunaan anggaran daerah harus diprioritaskan untuk keperluan kesehatan masyarakat secara luas di Kalteng," tuturnya.

Hal ini berdampak terhadap keperluan lain termasuk bantuan hibah kegiatan olahraga yang jadwal pencairan anggarannya agak tertunda, akibat skala prioritas pelayanan kepada masyarakat sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia yaitu kesehatan.

"Kami mengimbau kepada semua pihak terkait dengan kontingen Kalteng agar tetap bersabar dan dapat upayakan mencari solusi mandiri untuk sementara keperluannya, sambil menunggu tahapan anggaran dari pemprov," pinta Falery dalam keterangan persnya.

Selain itu, diharapkan dapat memberi kesempatan kepada pemprov untuk mendahulukan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat dalam masa pandemi COVID-19, serta memaklumi olahraga sebagai kebutuhan pendukung manusia dapat terselenggara sesuai situasi kondisi daerah yang ada.

Baca juga: Pemkot Jayapura tegaskan kesiapan gelar PON Papua
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021