BPOM izinkan penggunaan darurat dua zat aktif obat COVID-19

id obat covid,bpom,BPOM izinkan penggunaan darurat dua zat aktif obat COVID-19

BPOM izinkan penggunaan darurat dua zat aktif obat COVID-19

Tangkapan layar dari laporan BPOM terkait izin penggunaan darurat zat aktif sebagai obat bagi pasien COVID-19 yang dipaparkan Kepala BPOM Penny K Lukito kepada Komisi IX DPR RI, Senin (5/7/2021). ANTARA/Andi Firdaus/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan dalam kondisi darurat zat aktif bahan baku obat COVID-19, yakni Remdesivir dan Favipiravir.

"Obat yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat baru dua, Remdesivir dan Favipiravir," kata Kepala BPOM Penny K Lukito kepada jajaran Komisi IX DPR RI dalam Rapat Kerja secara virtual yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Dalam pemaparannya, BPOM melaporkan zat aktif Remdisivir diberikan kepada pasien dalam bentuk serbuk injeksi dan larutan konsentrat untuk infus.

Remdisivir berbentuk serbuk injeksi diproduksi dengan sejumlah nama obat di antaranya Remidia, Cipremi, Desrem, Jubi-R, Covifor, dan Remdac, sedangkan Remdisivir dalam bentuk larutan konsentrat bernama Remeva.

Baca juga: BPOM setujui uji klinik Ivermectin untuk pengobatan COVID-19

Baca juga: BPOM: Data uji klinik Ivermectin untuk obat COVID-19 belum tersedia

Remdisivir diberikan kepada pasien dewasa dan anak yang dirawat di rumah sakit setelah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 dengan derajat keparahan berat.

Zat aktif yang juga memperoleh izin darurat adalah Favipirapir dalam bentuk tablet salut selaput. Saat ini Favipirapir diproduksi dengan nama obat Avigan, Favipirapir, Favikal, Avifavir, dan Covigon.

Indikasi obat tersebut diberikan kepada pasien COVID-19 dengan derajat keparahan sedang yang dikombinasi dengan standar pelayanan kesehatan.

"Untuk obat dan vaksin COVID-19 kami melakukan berbagai upaya dikaitkan dengan inspeksi baik dimulai dari fasilitas produksinya sampai dengan distribusi dan juga melakukan upaya pengawasan farmakovigilan yaitu pengawasan terhadap efek samping yang diterima di masyarakat," ujarnya.

Berbagai obat yang juga digunakan untuk pasien COVID-19, kata Penny, telah sesuai dengan protap yang sudah disetujui dari organisasi profesi.

"Saat ini BPOM juga sudah mengeluarkan informatorium untuk obat COVID-19 Indonesia yang disusun lima organisasi profesi dan tenaga ahli dan di dalamnya juga sudah ada indikasi-indikasi untuk pengobatan bagi pasien COVID-19 anak-anak," katanya.*