Video Jokowi tak bermasker di acara hoaks

id Jokowi,Masker,Video Jokowi tak bermasker di acara hoaks,Presiden Joko Widodo

Video Jokowi tak bermasker di acara hoaks

Tangkapan Layar - Presiden Joko Widodo dalam Peringatan ke-75 Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/7). (ANTARA/Indra Arief)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah video diunggah oleh seorang pengguna Facebook pada 7 Juli 20210 dan menunjukan Presiden Joko Widodo menghadiri sebuah acara.

Pada video itu, tampak pula Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Pengunggah video tersebut menyertakan narasi pemerintah berbohong tentang COVID-19 merujuk pada Presiden Jokowi yang tidak menggunakan masker, termasuk Surya Paloh, dan tamu lain.

Berikut narasi yang disematkan dalam unggahan itu:

"Kita ditipu 1 pun tak ada pake masker!!".

Perhatikan..!!? Kita ditipu, 1 pun tak ad yg pake masker, FAKTA mnunjukan …, Ternyata ini org2 yg d belakang jkowi, Innalillahi… wainnailaihi rooji’un”.

Lalu benarkah ada kebohongan terkait COVID-19 karena Jokowi tidak menggunakan masker dalam sebuah acara?
 
Tangkapan layar hoaks Jokowi tak pakai maskee (Turnbackhoax.id)

Penjelasan:
Saat ANTARA mencari video tersebut ke akun si pengunggah, video tersebut telah terhapus.

Namun, video unggahan itu telah diarsipkan oleh Turnbackhoax.id. Hasil penelusuran Turnbackhoax, video yang diunggah oleh si pemilik facebook, adalah video lama yang direkam pada 28 Januari 2019. Saat itu dunia belum diserang pandemi COVID-19.

Saat itu, Jokowi bersama Surya Paloh sedang melayat mendiang pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Video indentik, diunggah di kanal Youtube Kids Clairyne Show pada 28 Januari 2019 dengan judul “Jokowi Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto”.

Klaim: Video Jokowi tidak bermasker di acara
Rating: Hoaks
 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2021