DPRD Barsel: Bumdes harus berperan tingkatkan ekonomi masyarakat

id Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Zainal Khairuddin, Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, Komisi III DPRD Barito

DPRD Barsel: Bumdes harus berperan tingkatkan ekonomi masyarakat

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin saat diwawancarai beberapa waktu lalu. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Zainal Khairuddin mengingatkan sekaligus meminta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di tiap-tiap desa, harus bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayahnya masing-masing.

"Sebagian pemerintahan desa yang mendirikan Bumdes, tanpa terlebih dahulu melihat potensi dan kebutuhan prioritas masyarakat di desanya," kata Zainal saat dihubungi di Buntok, Selasa.

Menurut dia, jika tidak melihat potensi SDA dan lainnya yang ada di desa, maka Bumdes yang dibangun tidak akan bisa ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Untuk itulah meminta kepada pemerintahan desa sebelum mendirikan Bumdes terlebih dahulu melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun potensi lainnya yang ada di desanya masing-masing yang bisa dikembangkan dan diperlukan masyarakat.

Wakil rakyat Barsel itu mencontohkan, seperti pada suatu desa yang memiliki potensi hasil pertanian dan perkebunan, maka sangat diperlukan Bumdes dalam bidang usaha pupuk dan obat-obatan pertanian.

"Bumdes yang didirikan juga bisa menampung hasil pertanian untuk selanjutnya dipasarkan, sehingga keberadaannya dapat membantu masyarakat desanya," ucapnya.

Selain itu, kepala desa bersama aparaturnya yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, supaya betul-betul dalam mengelola bumdes, sehingga bisa berjalan dengan baik guna memajukan desanya masing-masing.

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, keberadaan Bumdes memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan memajukan desanya.

Baca juga: DPRD dukung Disnakertrans Barsel minta laporan perekrutan karyawan perusahaan

"Potensi-potensi yang ada di desa, seperti sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dan bidang lainnya yang jika didukung oleh Bumdes, maka sektor tersebut akan bisa semakin maju," ucapnya.

Demikian halnya dengan potensi lainnya yang apabila dikembangkan dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Jadi, selain berperan membantu masyarakat, bumdes yang dibangun secara otomatis akan mengalami kemajuan dan berjalan sesuai dengan harapan bersama masyarakat di desanya masing-masing," demikian Zainal.

Baca juga: Dinkes Barsel jadwalkan vaksinasi bagi remaja