DPRD dukung Disnakertrans Barsel minta laporan perekrutan karyawan perusahaan

id DPRD dukung Disnakertrans Barsel minta laporan perekrutan karyawan perusahaan, Kalteng, barsel, barito selatan

DPRD dukung Disnakertrans Barsel minta laporan perekrutan karyawan perusahaan

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, H Zainal Khairuddin saat diwawancarai beberapa waktu lalu. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendukung langkah yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang meminta setiap perusahaan melaporkan jika merekrut karyawan.

"Kita sangat mendukung langkah Disnakertrans yang melakukan imbauan kepada perusahaan yang berinvestasi di daerah ini agar menyampaikan laporan apabila ada lowongan pekerjaan," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin saat dihubungi melalui telepon selulernya, di Buntok, Minggu.

Dikatakannya, hal tersebut agar dalam penerimaan karyawan atau tenaga kerja setiap perusahaan yang berinvestasi di daerah ini bisa terpusat di Disnakertrans Barito Selatan.

"Karena, apabila penerimaannya terpusat di Disnakertrans, maka penerimaan karyawan selanjutnya bisa diinformasikan kepada masyarakat khususnya yang ada di daerah ini," ucap politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan itu.

Dengan demikian, ada peluang besar bagi tenaga kerja lokal yang sudah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Disnakertrans bisa bekerja pada perusahaan yang berinvestasi di Barito Selatan.

Untuk itu Zainal Khairuddin sangat mendukung langkah yang dilakukan Disnakertrans. Diharapkan kepada perusahaan yang berinvestasi di daerah ini bisa bekerjasama dengan Disnakertrans dalam perekrutan tenaga kerja.

Sementara sebelumnya, Kepala Disnakertrans Barito Selatan, Agus In'Yulius mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada perusahaan di wilayah setempat agar menyampaikan laporan ke Disnakertrans apabila ada lowongan pekerjaan.

Ia mengatakan, hal tersebut agar dalam penerimaan karyawan atau tenaga kerja setiap perusahaan yang berinvestasi di daerah ini bisa terpusat di Disnakertrans Barito Selatan.

Apabila memang Disnakertrans memiliki ketersediaan tenaga kerja yang sebelumnya sudah diberikan pelatihan tersebut diperlukan, maka data tenaga kerja yang memiliki kemampuan tersebut akan disampaikan kepada perusahaan.

Namun, apabila tidak memiliki ketersediaan tenaga kerja yang diperlukan perusahaan, maka pihaknya juga akan tetap mengumumkannya kepada masyarakat Barito Selatan supaya bisa mengetahuinya.

Baca juga: Legislator Barsel apresiasi PDAM terapkan pembayaran air secara daring

Dikatakannya, dengan adanya informasi lowongan pekerjaan ini juga dalam upaya mempermudah Disnakertrans dalam mengecek kembali apakah mereka yang sudah mengikuti pelatihan sudah bekerja atau belum.

"Termasuk mempermudah dalam pengecekan apakah sudah bekerja mereka yang membuat kartu kuning atau AK1 dan itu akan nantiya terlihat semuanya," ucap Agus In'Yulius.

Jadi menurut dia, dengan adanya hal ini, pihaknya akan mendata secara keseluruhan para pekerja dan calon pekerja yang berasal dari kabupaten Barito Selatan. Tujuannya supaya dapat diketahui berapa jumlah yang tersisa yang belum bekerja.

Agus menambahkan, pihaknya juga sudah membuat website. Setiap pengumuman-pengumuman akan dimuat ke dalam website tersebut agar masyarakat bisa mengetahuinya.

Ia mengatakan, Disnakertrans sudah menyampaikan surat kepada perusahaan yang berinvestasi di Barito Selatan ini agar menyampaikan laporan apabila ada lowongan pekerjaan sesuai surat edaran bupati.

"Sampai saat ini, baru tiga perusahaan saja yang sudah menyampaikan laporan mengenai penerimaan tenaga kerja ke Disnakertrans Barito Selatan," demikian Agus In'Yulius.

Baca juga: Dinkes Barsel jadwalkan vaksinasi bagi remaja