DPRD Barsel tekankan sinergitas penanggulangan karhutla

id DPRD Barsel tekankan sinergitas penanggulangan karhutla, Kalteng, barsel, Barito selatan, DPRD Barsel, Enung Irawati

DPRD Barsel tekankan sinergitas penanggulangan karhutla

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Enung Irawati (Dua dari kanan) saat menghadiri apel gelar pasukan personel serta sarpras dalam penanggulangan bencana karhutla, di Buntok, Kamis (12/8/2021). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Enung Irawati mengatakan instansi terkait harus bersinergi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di daerah itu.

"Dalam penanggulangan bencana karhutla di Kabupaten Barsel sendiri harus dilaksanakan secara sinergi, baik diantara TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya maupun potensi masyarakat," katanya di Buntok, Jumat.

Menurutnya, adanya sinergi tersebut maka akan menjadi kekuatan dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di daerah ini.

"Kita berharap agar bencana karhutla jangan sampai terjadi, sebab apabila terjadi, maka akan berpotensi menyebabkan kabut asap yang mengganggu kesehatan," ucap politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barito Selatan.

Dia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan personel serta sarana dan prasarana. Ini penting untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

"Yang pasti kita mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut, mengingat persiapan ini diharapkan dapat mencegah dan mengatasi terjadinya bencana karhutla," ucap Enung Irawati.

Baca juga: Kemenkominfo bangun 45 menara telekomunikasi di Barito Selatan

Apel yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah itu sebagai bentuk kesiapan TNI-Polri bersama pemangku kepentingan lainnya dalam menghadapi bencana karhutla yang mungkin akan terjadi.

"Kita berharap instansi terkait di Barito Selatan ini harus terus bersinergi dalam upaya penanggulangan bencana Kebakaran hutan dan lahan," harap Enung Irawati.

Melalui apel kesiapan tersebut, diharapkan kekuatan personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung dalam penanggulangan bencana karhutla siap untuk diterjunkan ke lapangan ketika musibah itu benar-benar terjadi. 

"Namun demikian kita semua wajib memanjatkan doa kepada Allah agar musibah bencana karhutla tidak terjadi di Barito Selatan, karena Kita harus sadar bahwa bencana bisa datang kapanpun dan di manapun," demikian Enung Irawati.

Baca juga: Pemkab Barsel bakal berlakukan tandatangan elektronik