Masyarakat Bartim diharapkan semakin terampil digital

id Literasi digital, siberkreasi, gerakan nasional literasi digital, indonesia makin cakap digital, bartim, kalteng

Masyarakat Bartim diharapkan semakin terampil digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Barito Timur, Sabtu, (4/9/2021). (ANTARA/HO-Siberkreasi)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengharapkan masyarakat semakin cakap atau terampil dalam ruang digital.

"Salah satu cara meningkatkan keterampilan digital ini, yakni mengoptimalkan rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital yang dicanangkan pemerintah," kata Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh di Tamiang Layang, Sabtu.

Habib mengharapkan masyarakat mengikuti rangkaian kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman maupun keterampilan digital yang dimiliki.

Hal itu ia sampaikan dalam salah satu webinar wilayah Bartim yang mengangkat tema "mendidik dan menjaga keluarga di ruang digital".

Lebih lanjut disampaikannya, keterampilan digital sangat penting terlebih di era digital saat ini, agar tetap mampu bersaing serta memaksimalkan berbagai manfaat yang bisa didapat untuk kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, melalui kolaborasi antara pemerintah dengan berbagai pihak lainnya dapat meningkatkan partisipasi digital masyarakat melalui gerakan nasional literasi digital.

"Mendorong transformasi dalam pemanfaatan teknologi baru," ungkapnya.

"Juga termasuk mendorong masyarakat untuk semakin cakap dalam pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi," tuturnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan dirinya sangat berharap agar masyarakat di seluruh penjuru nusantara benar-benar memaksimalkan program kegiatan ini.

Presiden ingin masyarakat benar-benar semakin terampil di ruang digital untuk mendapatkan banyak manfaat, hingga turut memperbanyak konten-konten positif di ruang digital.

Adapun dalam webinar ini turut hadir sejumlah narasumber, yakni Dosen Universitas Sebelas Maret Karlina Denistia, Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Tamiang Layang Yuni Tampi, digital kreator Steve Pattinama, serta Ketua PGRI Bartim Turaini.

Para narasumber ini membahas berbagai topik, mulai dari budaya digital, kecakapan digital, keamanan digital, hingga etika digital.