Pramuka Kotim diminta jadi teladan adaptasi kebiasaan baru

id Pramuka Kotim diminta jadi teladan adaptasi kebiasaan baru, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Pramuka Kotim diminta jadi teladan adaptasi kebiasaan baru

Bupati Halikinnor memberikan piagam tanda penghargaan saat peringatan Hari Pramuka ke-60, Selasa (21/9/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor meminta anggota Pramuka di daerah ini teladan bagi masyarakat dalam adaptasi baru di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Diharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19," kata Halikinnor di Sampit, Selasa.

Harapan itu disampaikan Halikinnor saat memimpin peringatan Hari Pramuka ke-60 pada tahun 2021. Kegiatan ini turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat.

Menurut Halikinnor, pandemi COVID-19 yang juga melanda kabupaten ini sejak Maret 2020 lalu, membawa dampak besar terhadap hampir semua sektor, tidak terkecuali perekonomian dan pendidikan.

Begitu pula di lingkungan Pramuka, banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di Gugus Depan Pramuka. Namun, masyarakat tidak boleh menyerah dan berputus asa.  

Justru tantangan yang ada harus disikapi dengan optimistis dan tetap rela menolong serta tabah. Ini sesuai semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa.

Baca juga: DPRD Kotim: Pergantian kepala Dinas Perhubungan harus mampu tingkatkan kinerja

Halikinnor bersyukur karena saat ini penyebaran COVID-19 di Kotawaringin Timur terus menurun. Namun, masyarakat diminta tetap waspada karena pandemi ini belum berakhir sehingga potensi penularan COVID-19 masih ada.

Halikinnor mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Pramuka dalam membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Secara nasional Pramuka telah melakukan berbagai hal seperti pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka, dan lainnya.

"Memasuki adaptasi kebiasaan baru, saya mengajak para Pramuka menjadi Duta Perubahan Perilaku. Kegiatan Pramuka juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan," kata Halikinnor.

Halikinnor mengajak seluruh masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Menurunnya kasus COVID-19 tidak boleh membuat masyarakat abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur perkembangan COVID-19 pada Selasa siang, terdapat pasien sembuh sebanyak 11 orang dan tidak terdapat kasus baru maupun pasien wafat.

Secara keseluruhan jumlah kasus COVID-19 di Kotawaringin Timur sudah mencapai 5.163 kasus yang terdiri dari 4.925 kasus sembuh, 37 orang masih ditangani dan 201 orang telah wafat.

Baca juga: Legislator Kotim prihatin masyarakat mulai abai protokol kesehatan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021