Pemprov minta Pemkab Barsel terus pacu percepatan pembangunan

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, wakil gubernur kalteng, edy pratowo, hari jadi 62 barsel, buntok, barito selatan, bupati barsel, eddy ray

Pemprov minta Pemkab Barsel terus pacu percepatan pembangunan

Wagub Kalteng Edy Pratowo. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meminta jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Selatan terus mengevaluasi dan memperbaiki berbagai kekurangan maupun masalah yang masih dihadapi dalam pembangunan.

"Agar bisa memacu percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Barito Selatan," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu ia sampaikan saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam peringatan hari jadi ke-62 Kabupaten Barito Selatan secara virtual.

Menjadi harapan bersama momentum peringatan hari jadi ini, sebagai sarana memperkuat semangat persatuan dan kesatuan, maupun rasa kebersamaan untuk mendorong pembangunan semakin maju, mandiri, serta berdaya saing untuk mewujudkan Kalteng semakin berkah.

"Dengan bertambahnya usia semoga Barito Selatan mampu meningkatkan daya saing, kualitas pelayanan publik, profesionalisme, serta pembangunan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang semakin maju dan sejahtera," ungkapnya.

Lebih lanjut Edy menyampaikan apresiasi pemprov terhadap ragam capaian prestasi Pemkab Barsel selama ini, diantaranya perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Capaian ini hendaknya bisa terus dipertahankan.

Menurutnya capaian seperti ini menjadi bukti pemkab dalam merealisasikan komitmen kuatnya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel.

Sementara itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sejumlah indikator makro pembangunan Barito Selatan pada 2020 menunjukkan capaian cukup baik, diantaranya persentase kemiskinan sebesar 4,45 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 70,22 dan lainnya.

"Kami harapkan beberapa capaian yang baik ini bisa terus dipertahankan serta ditingkatkan," pintanya.

Kemudian Wagub Edy Pratowo juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada berbagai unsur, baik tokoh masyarakat, akademisi dan lainnya yang telah berpartisipasi dalam pembangunan selama ini.

Dalam kegiatan peringatan hari jadi yang digelar secara virtual ini juga turut hadir bupati dan wali kota se-Kalteng dari tempatnya masing-masing.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021