Legislator Palangka Raya: Mari lestarikan budaya jangan sampai tergerus

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mukarramah, Kota Palangka Raya, Kalteng, budaya, jaga budaya

Legislator Palangka Raya: Mari lestarikan budaya jangan sampai tergerus

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Mukarramah. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mukarramah menyatakan bahwa budaya menjadi identitas diri suatu bangsa, maka dari itu sudah menjadi kewajiban semua elemen masyarakat untuk menjaga dan melestarikannya.

"Indonesia memiliki keberagaman budaya yang menjadi identitas bangsa, sekaligus sebagai pedoman hidup masyarakat," kata Mukarramah di Palangka Raya, Jumat.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya menuturkan, masyarakat memiliki peran penting dalam melestarikan budaya termasuk para generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

Srikandi di DPRD Kota Palangka Raya tersebut juga menambahkan, generasi harus memiliki tanggung jawab dalam melestarikan nilai-nilai budaya sebagai bagian dari aset bangsa.

"Keterlibatan semua pihak dan salah satunya peran pemuda, harus tertantang untuk mampu melestarikan  nilai-nilai budaya tersebut," ungkapnya.

Di sisi lain, politisi Partai NasDem Kota Palangka Raya ini mengajak generasi muda, untuk dapat bersikap bijak dan bertanggung jawab, terhadap kelestarian budaya bangsa.

Baca juga: DPRD Palangka Raya dorong pemerataan vaksinasi pelajar

Lagi-lagi sambung dia, semua itu menjadi tantangan. Terlebih adanya perkembangan teknologi digital yang dapat membawa masuknya berbagai budaya luar, sehingga bisa menggerus kebudayaan dan kearifan budaya lokal yang telah diwariskan secara turun temurun.

"Generasi muda harus bisa mengcounter hal tersebut. Jangan sampai lalai dan terlena. Oleh sebab itu pentingnya menjaga dan melestarikan budaya kita sendiri," bebernya.

Ditambahkan Mukarramah, semoga dengan majunya teknologi digital yang berkembang di Kota Palangka Raya tidak menggerus kebudayaan yang menjadi ciri khas bangsa dan daerah. Perkembangan teknologi pun harus diimbangi, sehingga budaya di daerah ini tidak hilang dimakan zaman.

"Pemerintah setempat harus ikut mensosialisasikan terkait hal tersebut, sehingga generasi penerus bangsa tetap mengetahui identitas bangsa dan daerahnya di zaman seperti sekarang ini," tandanya.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta pengawasan kedatangan WNA diperketat

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Antisipasi penyakit pasca banjir