Binda Kalteng vaksinasi 4.500 pelajar di Palangka Raya

id Binda kalteng, vaksinasi, vaksinasi pelajar, vaksinasi kalteng, hasanka, palangka raya, kalteng

Binda Kalteng vaksinasi 4.500 pelajar di Palangka Raya

Kabinda Kalteng Brigjen TNI Sinyo melakukan peninjauan vaksinasi di Hasanka Boarding School di Kota Palangka Raya, Sabtu, (2/10/2021). (ANTARA/HO-Binda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan vaksinasi terhadap 4.500 pelajar yang berada di Kota Palangka Raya.

Kepala Binda Kalteng Brigjen TNI Sinyo di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan, ribuan vaksin yang diberikan kepada pelajar tersebut dilakukan selama tiga kali kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan, baik untuk SMP dan SMA negeri maupun swasta di kota setempat.

"Selama tiga kali rangkaian vaksinasi massal berturut-turut, dilaksanakan dengan sasaran utama pelajar yang ada di Palangka Raya," kata Sinyo saat memantau kegiatan vaksinasi di Hasanka Boarding School.

Jenderal TNI berpangkat bintang satu itu menjelaskan, sebelumnya vaksinasi massal COVID-19 untuk pelajar telah dilaksanakan pada 28 September 2021 di SMP Negeri-3 Palangka Raya dan pada 30 September 2021 di SMP Negeri-8 Palangka Raya.

Sementara itu dalam vaksinasi kali ini, sambung dia, Binda Kalteng menargetkan sekitar 1.500 pelajar yang berasal dari sejumlah sekolah. Seperti Hasanka Boarding School, SMP Negeri-7, SMP Negeri-6, SMP Negeri-9, SMK Negeri-3, SMK Negeri-4, SMK Karsa Mulya dan SMK Negeri-2 Palangka Raya.

"Vaksinasi tersebut merupakan bentuk nyata dukungan dari Binda Kalteng dalam percepatan capaian target vaksinasi di provinsi setempat sebesar 70 persen pada Oktober 2021," katanya.

Ditegaskan Sinyo, saat ini pihaknya juga terus mengejar target vaksinasi untuk pelajar yang capaiannya baru sekitar 10 persen.

Binda Kalteng sangat menaruh perhatian pada program vaksinasi COVID-19 bagi kalangan pelajar yang merupakan generasi penerus dan tulang punggung kemajuan bangsa serta negara RI pasca pandemi.

"Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, kami harapkan dapat membentuk 'herd Immunity' (imunitas komunal) khususnya pelajar dan remaja, sehingga dapat lebih siap dalam menghadapi kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) kedepannya," ungkapnya.

Kemudian Sinyo menambahkan, selain sasaran utama para pelajar, vaksinasi yang diinisiasi Binda Kalteng juga termasuk masyarakat umum.

Masifnya vaksinasi serta kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan selama ini, terbukti cukup ampuh menurunkan kasus COVID-19, termasuk di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

"Hal ini memberikan sinyal dan harapan bagi kita bahwa vaksinasi menjadi salah satu kunci utama dalam penanggulangan COVID-19," terangnya.

Setelah vaksinasi terhadap pelajar ini, rencananya Binda Kalteng juga akan melaksanakan vaksinasi 'door to door' dengan sasaran masyarakat umum di beberapa daerah di Kalimantan Tengah.

Di lokasi yang sama, Direktur Hasanka Boarding School, Riza Maulidin menyampaikan terima kasih kepada Binda Kalteng yang telah memfasilitasi penyelenggaraan vaksinasi massal bagi para pelajar, khususnya di Hasanka Boarding School.

"Dengan vaksinasi COVID-19 terhadap para pelajar ini, kami harapkan bisa mempercepat persiapan PTM serta memberikan rasa aman, khususnya bagi peserta didik, sekolah maupun keluarga mereka di rumah," tutup Riza Maulidin.