Binda Kalteng targetkan vaksinasi massal diikuti 27 ribu jiwa

id Badan Intelijen Daerah Kalimantan Tengah, Kepala Binda Kalteng, Brigjen TNI Sinyo,Binda Kalteng, BIN Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Binda Kalteng targetkan vaksinasi massal diikuti 27 ribu jiwa

Tim medis dan anggota Binda Kalteng melaksanakan vaksinasi massal di Kabupaten Barito Timur terhadap pelajar dan masyarakat umum dengan tujuan meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat di tengah pandemi COVID-19 meski sudah melandai, Senin (15/11/2021). ANTARA/HO-Binda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Intelijen Daerah Provinsi Kalimantan Tengah kembali menggelar vaksinasi massal di sejumlah kabupaten/kota di provinsi setempat dengan menargetkan 27 ribu orang.

Kepala Binda Kalteng Brigjen TNI Sinyo di Palangka Raya, Senin, mengatakan 27 ribu vaksinasi tersebut akan dihabiskan dari tanggal 15 November sampai akhir Desember 2021.  

"Hari ini vaksinasi massal tersebut dilaksanakan di Kabupaten Lamandau, Kotawaringin Barat dan Barito Timur dengan sasaran 1.850 orang," kata Sinyo.

Sedangkan, sambung dia, pada hari Selasa 16 November 2021 juga akan dilaksanakan kegiatan serupa namun berbeda tempat. Kegiatan vaksinasi tersebut nantinya dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Lamandau, Barito Selatan dan Kota Palangka Raya dengan sasaran sekitar 2.300 orang.

Agar mencapai target yang sudah ditentukan itu, pihaknya juga bekerja sama dengan sejumlah stakeholder yang berada di kabupaten atau kota masing-masing, guna kegiatan tersebut mencapai target.

"Tentunya dengan menggandeng stakeholder di daerah yang menjadi sasaran dilakukan vaksinasi massal, maka kami optimis bahwa warga yang berada di lokasi tersebut akan tervaksin semua," ucapnya.

Jenderal TNI berpangkat bintang satu itu mengingatkan, bahwa saat ini juga sudah terjadi kembali peningkatan kasus penyebaran COVID-19 varian baru diberbagai negara di Eropa dan Asia.

Maka dari itu pihaknya akan terus menggencarkan kegiatan vaksinasi massal kepada masyarakat maupun pelajar di provinsi yang memiliki luas dua kali dari pulau jawa itu, agar bisa mencapai target 70 persen.

"Kekebalan komunal harus sudah tercapai sebelum prediksi terjadinya gelombang baru COVID-19 yakni pada saat libur Natal dan tahun baru," bebernya.

Baca juga: Binda Kalteng gelar vaksinasi terpusat dan 'door to door'

Beberapa waktu lalu, Binda Kalteng juga menggencarkan vaksinasi massal terhadap pelajar dan masyarakat umum dengan cara door to door atau jemput warga ke rumah-rumah.

Vaksin door to door itu dilakukan Binda Kalteng yang bekerja sama dengan pihak medis dari puskesmas dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas di kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut.

Dari adanya kegiatan tersebut warga yang rata-rata lansia mengaku merasa terbantu dengan apa yang sudah dilakukan oleh Binda serta stakeholder lainnya. Sedangkan vaksinasi massal untuk pelajar bertujuan agar peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), karena pelajar yang hendak mengikuti PTM wajib divaksin sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Binda Kalteng gelar vaksinasi massal 'door to door' di empat daerah

Baca juga: Binda Kalteng vaksinasi 4.500 pelajar di Palangka Raya