Binda Kalteng gelar vaksinasi massal 'door to door' di empat daerah

id Badan Intelijen Negara, Kalimantan Tengah, BIN, BIN Kalteng, BIN Kalimantan Tengah, Kepala BIN Kalteng, Kalteng, Brigjen TNI Sinyo

Binda Kalteng gelar vaksinasi massal 'door to door' di empat daerah

Kabinda Kalteng Brigjen TNI Sinyo (kaos merah) beserta sejumlah instansi terkait di Kota Palangka Raya melaksanakan vaksin door to door di kawasan Kelurahan Pahandut Seberang, Kamis (14/10/2021). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, menggelar vaksinasi massal secara serentak kepada sejumlah pelajar serta secara door to door atau mendatangi langsung masyarakat ke masyarakat.

Kepala Binda Kalteng Brigjen TNI Sinyo di Palangka Raya saat meninjau vaksin door to door yang dilaksanakan di Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kamis, dengan tujuan mendukung percepatan capaian target vaksin nasional 70 persen.

"Khusus di wilayah Kalteng di target tercapai pada akhir Oktober 2021," kata Sinyo. 

Dia mengatakan, sasaran vaksin door to door yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya di support oleh Dinas Kesehatan Kota melalui puskesmas yang berada di kecamatan setempat.

Kegiatan tersebut juga salah satu membantu warga yang selama ini sulit mendatangi lokasi vaksin, kini dilakukan jemput bola sehingga warga tersebut dapat divaksin.

"Semoga dengan kegiatan vaksinasi massal ini, kekebalan komunal di di Palangka Raya terkhusus di Kalteng sudah sesuai dengan harapan. Vaksinasi massal seperti ini juga dilaksanakan di SMPN 6 Palangka Raya," bebernya.

Ditegaskan jenderal TNI berpangkat bintang satu itu, dari empat daerah yang melaksanakan kegiatan serupa dan serentak ini menargetkan sebanyak 5.500 dosis.

Dari 5.500 dosis tersebut, untuk Kota Palangka Raya sebanyak 1.500 dosis, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur sebanyak 1.000 dosis, dan di Kabupaten Kapuas sebanyak 5.00 dosis.

"Dengan adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat membentuk Herd Immunity di Kalteng, secara khusus agar pelajar dan remaja dapat lebih siap dalam menghadapi kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kedepannya," ungkapnya.

Baca juga: Binda Kalteng fasilitasi 1.500 dosis vaksin untuk pelajar

Sementara itu, Camat Pahandut Berlianto menambahkan, dengan adanya vaksinasi door to door tersebut sangat membantu masyarakat yang tidak mampu, terkhusus para lansia yang belum divaksin.

Dengan adanya vaksin door to door, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak tervaksin di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang melanda daerah setempat.

"Kami berharap bila memungkinkan, vaksinasi massal door to door juga akan dilaksanakan seperti ini, sehingga mempermudahkan pada vaksin keduanya," beber Berlianto.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tim yang tergabung dalam kegiatan vaksin door to door di kawasan Kelurahan Pahandut Seberang, juga bagikan paket sembako kepada mereka yang disuntik dari pemkot setempat.

Bahkan sasaran yang divaksin oleh petugas medis di kawasan Kelurahan Pahandut Seberang rata-rata para lansia yang tidak bisa mengantre ke lokasi vaksin, yang sering dilaksanakan oleh sejumlah stakeholder.

Baca juga: Kabinda Kalteng terus bergerak pantau dan bantu korban banjir

Baca juga: Banjir di sejumlah kabupaten, BIN Kalteng ikut pantau dan beri bantuan ke korban