BPJS Ketenagakerjaan-Hiswana Migas sepakat lindungi pekerja melalui program Jamsostek

id BPJS Ketenagakerjaan-Hiswana Migas sepakat lindungi pekerja melalui program Jamsostek, Kalteng, Palangka Raya

BPJS Ketenagakerjaan-Hiswana Migas sepakat lindungi pekerja melalui program Jamsostek

Dokumentasi. BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan. ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK

Palangka Raya (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Dan Gas Bumi (Hiswana Migas) sepakat untuk mewujudkan perlindungan ketenagakerjaan melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek).

"Kesepakatan ini diwujudkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Senin lalu tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Rabu.

Dia menambahkan bahwa kerja sama tersebut ditujukan untuk mensinergikan sumber daya yang ada dari kedua pihak agar penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat berjalan secara efektif, efisien dan terkoordinasi.

Pihaknya pun menyambut baik kerjasama yang dilakukan BPJAMSOSTEK bersama Hiswana Migas selaku salah satu ekosistem yang cukup besar di Indonesia.

"Dengan sinergi ini akan berdampak baik bagi pekerja di dalamnya. Kita hadirkan di sini seluruh perwakilan cabang, agar apa yg kita kerja samakan dan niatkan hari ini bisa langsung operasional oleh seluruh cabang kami di daerah," kata Zainudin.

Dia menambahkan hal ini sangat penting untuk dilaksanakan dikarenakan jaminan sosial ketenagakerjaan dimandatkan kepada BPJAMSOSTEK sebagai penyelenggara.

"Tentu saja sebagai badan penyelenggara, BPJAMSOSTEK tidak bisa bekerja sendiri, program yang bagus dari negara tersebut harus sampai kepada masyarakat dengan dukungan dari seluruh pihak," kata Zainudin.

Baca juga: DJKI,Bareskrim Polri dan Bea Cukai kerja sama lindungi hak kekayaan intelektual

Ketua Umum Hiswana Migas Rachmad Muhamadiyah yang menandatangani naskah kerjasama itu secara langsung mengatakan kerja sama yang disepakati itu akan membantu seluruh anggota Hiswana Migas memahami seluruh program dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Ini bisa membawa manfaat kepada seluruh anggota Hiswana Migas agar mendapat program-program Jamsostek demi melindungi seluruh karyawan atau tenaga kerjanya," kata Rachmad.

Sementara itu Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya Budi Wahyudi menyambut baik kerjasama tersebut sehingga para pekerja semakin mendapat perlindungan selama bekerja.

"Semoga ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, sekaligus memiliki kontribusi positif juga pada kesejahteraan pekerja Sektor Migas  Indonesia terutama di Wilayah Palangka Raya dan semoga dapat memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Budi.

Baca juga: Kalteng Putra vs Persiba Balikpapan tanpa gol di babak pertama