DKPP Seruyan sarankan petani sampaikan keluhan langsung ke BPP

id Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, DKPP Kabupaten Seruyan, DKPP Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

DKPP Seruyan sarankan petani sampaikan keluhan langsung ke BPP

Kepala DKPP Seruyan Albidinnor di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menyarankan kepada para petani yang mempunyai keluhan berkaitan dengan aktivitas bertani, bisa langsung datang ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berada di Mahang, Kecamatan Seruyan Hilir.

"Kalau langsung disampaikan, para petugas BPP bisa langsung menindaklanjuti keluhan," kata Kepala DKPP Seruyan Albidinnor di Kuala Pembuang, Kamis.

Dikatakan, di Seruyan, khususnya wilayah dalam Kota Kuala Pembuang, mempunyai BPP yang bisa dimanfaatkan oleh para petani wilayah setempat. Misalnya konsulyasi dan bertanya-tanya cara mengatasi kendala yang terjadi saat melakukan aktivitas pertanian.

"Kita punya BPP. Jadi, para petani yang mempunyai keluhan ataupun kesulitan terkait dengan aktivitas pertanian mereka bisa datang ke situ,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, hal ini dikarenakan jarak BPP itu sendiri dengan wilayah pertanian khususnya yang ada di Seruyan Hilir terbilang lebih dekat jika dibandingkan harus ke DKPP, sehingga dengan tempat yang dekat itu akan memudahkan para petani di Seruyan.

Baca juga: DPRD Seruyan minta pengembangan budaya lokal lebih dimaksimalkan

Selain itu, keberadaan BPP tersebut memang dikhususkan untuk menampung dan menyelesaikan persoalan-persoalan para petani yang ada seperti masalah penyakit tanaman, pestisida dan lain sebagainya.

Kemudian juga, para petugas yang ada di BPP itu juga sudah ahli dibidangnya masing-masing. Jadi keluhan para petani yang disampaikan itu bisa langsung ditindaklanjuti agar bisa diatasi dengan cepat.

"Tujuan BPP ini untuk menampung dan menyelesaikan permasalahan para petani. Apalagi petugasnya juga memiliki keahlian dibidang masing-masing. Jadi, adanya balai ini dapat memudahkan para petani di Seruyan," demikian Albidinnor.

Baca juga: Legislator Seruyan harapkan pembangunan jalan penghubung desa di sejumlah kecamatan

Baca juga: Wabup Seruyan sebut budidaya madu kelulut potensial dikembangkan