Legislator Seruyan harapkan pembangunan jalan penghubung desa di sejumlah kecamatan

id Dprd seruyan, mistius, kuala pembuang, kalteng, kalimantan tengah, jalan penghubung desa

Legislator Seruyan harapkan pembangunan jalan penghubung desa di sejumlah kecamatan

Foto Dokumentasi-Legislator Seruyan Mistius (tengah) saat mengikuti rapat internal DPRD setempat di Kuala Pembuang belum lama ini. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Mistius mengharapkan instansi terkait bisa melakukan pembangunan infrastruktur berupa jalan penghubung desa di daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.

“Saya harap instansi terkait bisa melakukan pembangunan tersebut karena di dapil III atau wilayah hulu itu, masih banyak desa yang belum memiliki jalan penghubung dan ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi Pemkab Seruyan,” kata Mistius di Kuala Pembuang, Jumat.

Dia mengatakan, untuk sejumlah desa seperti di Tumbang Manjul menuju Rantau Panjang yang berada di Kecamatan Seruyan Hulu akses penghubung jalur daratnya masih belum ada.

Kemudian, akses jalan di Desa Tumbang Langkai menuju Tumbang Magin yang berada di Kecamatan Suling Tambun juga masih tidak ada jalan penghubungnya.

Desa-desa tersebut hanya merupakan contoh dari sebagian kecil wilayah yang saat ini masih belum memiliki akses jalan penghubung di dapil III, karena memang masih banyak lagi akses jalan daratnya tidak ada.

“Masih banyak lagi yang belum memiliki akses jalur darat, sehingga banyak masyarakat yang masih menggunakan jalur sungai yang memang memerlukan waktu atau jarak tempuh yang cukup jauh, serta biaya yang lumayan besar jika hendak pergi dari desa ke desa,” ungkapnya.

Maka dari itu, pihaknya sangat mengharapkan Pemkab Seruyan agar bisa mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur jalan, seperti halnya akses penghubung antar desa tersebut. Sehingga dengan lancarnya akses jalan, masyarakat dapat dengan mudah menjual produk-produk yang mereka miliki keluar.

“Saya yakin apabila akses jalan ini bisa lancar tentu potensi-potensi yang dimiliki bisa dikembangkan dengan maksimal dan pastinya berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Bumi Gawi Hantantiring ini,” jelasnya.