DPRD Seruyan minta pengembangan budaya lokal lebih dimaksimalkan

id Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

DPRD Seruyan minta pengembangan budaya lokal lebih dimaksimalkan

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko menyarankan kepada Pemerintah setempat melalui instansi terkait, agar lebih mengoptimalkan dan memaksimalkan pengembangan budaya lokal, demi menjaga serta melestarikan.

"Kelestarian budaya lokal ini harus tetap dijaga sehingga tidak hilang seiring berkembangnya waktu dan kemajuan zaman. Kita tahu, keberadaan budaya sendiri sangat penting," kata Bambang di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, Pemkab Seruyan harus terus meningkatkan budaya daerah sehingga budaya di Buni Gawi Hantantiring ini tidak akan luntur. Misalnya, melaksanakan event ataupun festival dan lain sebagainya untuk sebagai ajang pengingat budaya-budaya yang dimiliki.

"Saya rasa upaya pengembangan budaya lokal harus terus kita lakukan dan tingkatkan, agar budaya-budaya daerah ini tidak luntur oleh kemajuan zaman," ucap wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu.

menyampaikan, pengembangan kebudayaan lokal sendiri juga menjadi sarana yang strategis untuk mempromosikan Seruyan melalui sektor wisata bertajuk kebudayaan, karena seperti yang diketahui bahwa di Seruyan masih banyak tempat-tempat wisata budaya.

"Jadi pengembangan wisata yang bertajuk budaya ini juga perlu kita maksimalkan sehingga dengan begitu dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung di tempat tersebut," beber Bambang.

Baca juga: Warga Seruyan sampaikan aspirasi terkait plasma sawit ke DPR RI

Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan, secara umum di Seruyan sendiri masih banyak potensi-potensi kebudayaan daerah yang dinilai potensial untuk terus dilestarikan dan wahana untuk promosi kebudayaan lokal itu sendiri.

Kemudian, untuk mengembangkan hal tersebut perlu adanya dukungan dari Pemkab Seruyan serta juga yang tidak kalah penting itu adalah peran dari masyarakat sekitar untuk terus mengedepankan budaya lokal.

"Jadi akan banyak dampak positif yang didapat, dari sisi pengembangan dan pelestarian budaya lokal kita tetap jalan. Di sisi lain, kita juga bisa lebih mempromosikan keberadaan Seruyan kepada dunia luar melalui kebudayaan tersebut," demikian Bambang.

Baca juga: Legislator Seruyan harapkan pembangunan jalan penghubung desa di sejumlah kecamatan

Baca juga: Berikut penjelasan BPBD tentang 'hotspot' di Seruyan