Pemkab Bartim relokasi pedagang berjualan di lahan parkiran

id Pemerintah Kabupaten BaritoTimur, Kalimantan Tengah, Kabupaten BaritoTimur, Bupati BaritoTimur, BaritoTimur, Bartim, Bupati Bartim, Ampera AY Mebas

Pemkab Bartim relokasi pedagang berjualan di lahan parkiran

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (kemeja putih lengan panjang) berkoordinasi dengan Kadishub Hudaya terkait halaman parkir yang dijadikan pedagang gorengan berjualan di Pasar Temanggung Djaya Karti di Tamiang Layang, Rabu (20/10). ANTARA/HO-Protokoler Setda Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala UPTD Pasar Temanggung Djaya Karti Marjuno membenarkan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, akan melakukan pemindahan atau relokasi bagi pedagang yang menjual barang dagangannya di areal parkiran.

"Bupati Bartim Ampera AY Mebas beserta rombongan sudah meninjau pasar, Rabu (20/10). Inti kunjungan itu, akan dilakukan relokasi untuk mempercantik pemandangan serta menjaga kebersihan areal pasar,” kata Marjuno di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, Bupati Bartim Ampera AY Mebas juga sudah mendengarkan keluh kesah dan aspirasi dari para pedagang sebelum dilaksanakan relokasi. Relokasi dilakukan untuk penyediaan halaman parkiran baik dan bersih untuk pengunjung pasar.

Penyediaan lahan parkir itu juga agar tidak ada lagi parkir di pinggir jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. Sedangkan para pedagang akan direlokasi ke halaman UPTD UPTD Terminal Pasar Temanggung Djaya Karti.

"Dalam kunjungan itu, Bupati juga menyempatkan diri meninjau perbaikan pertokoan yang lama, serta melakukan pengecekan lokasi yang akan dibangun 20 lapak los pasar sayur," beber Marjuno.

Orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu juga menegaskan agar penggunaan toko maupun los pasar harus sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani bersama.

"Beliau juga meminta yang diprioritaskan untuk mendapatkan sewa atau kontrak toko di pasar adalah warga Barito Timur dan berusaha di rumah sendiri,” kara Marjuno.

Baca juga: Pemkab Bartim gelar pelayanan tatap muka urusan adminduk di Desa Dambung

Kunjungan ke Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang dipimpin Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dengan membawa Kepala Dinas PUPR Jumail Paladuk, Kepala Dinas Perhubungan Hudaya Sailillah, Plt Kepala Dinas Perdagangan Karioto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Ari Panan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lurikto.

Kepala dinas yang diikutsertakan diminta memberikan saran dan pendapat terkait pengelolaan pasar yang bersih dan baik dalam melayani kebutuhan masyarakat, serta menghasilkan pendapatan asli daerah.

Baca juga: Pemkab Bartim minta perusahaan tidak lalai mengelola lingkungan hidup

Baca juga: Pemkab Bartim pantau simulasi PTM terbatas