Mahasiswa UI juara pertama lomba cipta puitisasi Al Quran

id mahasiswa ui,juara,cipta puitisasi al quran

Mahasiswa UI juara pertama lomba cipta puitisasi Al Quran

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Abdul Haris (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) meraih juara pertama lomba Cipta Puitisasi Al-Quran dan musikalisasi puisi antarmahasiswa se-Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Abdul Haris dalam keterangannya, Kamis mengatakan lomba yang diselenggarakan dalam rangka Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW itu merupakan upaya mewujudkan misi UI untuk menciptakan lulusan berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti, dan memiliki nurani yang mampu bersaing secara global.

"Wujud mencintai Nabi adalah meneladani dan melanjutkan perjuangan beliau yang berjuang dengan mengamalkan akhlakul karimah, inklusif, dan menghargai perbedaan,” kata Prof. Haris.

Juara pertama Lomba Cipta Puitisasi al-Qur’an berhasil diraih oleh mahasiswa UI, Yogi Sani. Sedangkan untuk Lomba Musikalisasi Puisi Religi, juara pertama direbut oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Selain merebut juara pertama, beberapa mahasiswa UI juga meraih juara dua dan tiga, serta juara harapan.

Kegiatan lomba ini sudah berjalan sejak 15 Oktober 2021 di Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI), bekerja sama dengan Asrama UI dan Masjid kampus UI serta Direktorat Kemahasiswaan UI.


Sementara itu Direktur Kemahasiswa UI, Dr. Badrul Munir menyampaikan, karakter dan kepribadian bangsa yang tercermin dalam akhlakul karimah (akhlak mulia) merupakan salah satu misi kenabian.

"Akhlak merupakan faktor penting yang harus diteladani dalam menghadapi era kompetisi yang makin ketat," ujar Munir.

Pengumuman lomba disampaikan perwakilan dewan juri masing-masing kategori, yaitu Jose Rizal Manua untuk lomba puitisasi Al-Quran dan Abdullah Wong untuk lomba Musikalisasi Puisi Religi.

Dalam pengantarnya, Jose Rizal Manua menyampaikan Karya-karya puisi mahasiswa ini bagus sekali, sangat menyentuh, dibangun dengan diksi yang enak sehingga mudah diucapkan pembaca. Yang juga nenggembirakan masing-masing punya ciri dengan kedalaman tafsir yang mendalam terhadap kalimat yang ada dalam al-qur’an," kata Jose Rizal Manua.

Para pemenang lomba secara keseluruhan adalah sebagai berikut, lomba puitisasi alqur’an; juara I Yogi Sani (UI), juara II Fathiya Syauqiya (UI), M. Afif Maulana Iskhaq (UI), Juara harapan I Sajida Nurzafira (UIN Malang) dan juara harapan II M Hikam Mukhbitin (STKQ al Hikam Depok).

Untuk lomba musikalisasi puisi religi; juara I IKABA FIB (UI), juara II Yogi Sani (UI), juara III Agus Maulana (STENU Depok), Juara harapan I Rosita Nor Hasanah (UI).