Wings Air terbang perdana Muara Teweh - Banjarmasin 29 November

id bandara haji muhammad sidik,wings air,terbang perdana,muara teweh-banjarmasin,barito utara,kalteng

Wings Air terbang perdana Muara Teweh - Banjarmasin 29 November

Bandara Haji Muhammad Sidik di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara.ANTARA/Kasriadi

Muara Teweh (ANTARA) - Maskapai  Wings Air buka rute penerbangan  Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dijadwalkan terbang perdana pada 29  November 2021.

"Pemerintah daerah dan pihak maskapai sepakat penerbangan perdana direncanakan pada Senin (29/11)," kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Fery Kusmiadi di Muara Teweh, Kamis.

Penerbangan pesawat tersebut nantinya melayani rute dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ke Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh pulang pergi setiap Senin, Rabu dan Jumat, dengan tarif sekitar Rp758.300 menggunakan pesawat  jenis ATR 72-600. 

"Dalam terbang perdana nanti akan dilakukan acara penyambutan oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah di Bandara Haji Muhammad Sidik," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah dan maskapai telah melakukan kerja sama menggunakan sistem block seat, di mana kursi kosong akan ditanggung dan menjadi beban Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan ini bukan subsidi yang akan berakhir 31 Desember 2021.

Memang, kata dia, rencana terbang perdana ini telah dijadwalkan pada Juli 2021, namun karena diberlakukannnya PPKM darurat Jawa dan Bali, sehingga ditunda.

"Kita harapkan penerbangan ini bisa terealisasi sehingga dapat membantu masyarakat untuk bepergian ke luar daerah menggunakan transportasi udara," kata Fery. 
 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian setempat Mochamad Ikhsan menyatakan siap mendukung dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas nantinya baik melalui spanduk, baliho, media sosial resmi kepemerintahan dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Batara FM nantinya. 

"Kami melalui dinas Kominfosandi siap mendukung sosialisasi nantinya melalui fasilitas yang kami miliki, agar masyarakat Barito Utara mendapatkan informasi yang valid terutama masalah informasi penerbangan kepada masyarakat," Kata Ikhsan.

Bupati Barito Utara Nadalsyah mengapresiasi kepada seluruh pihak-pihak terkait baik pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan dan pihak terkait lainnya yang telah membantu menyukseskan perencanaan pelaksanaan rencana penerbangan perdana Wings Air ke Bandara Haji Muhammad Sidik.

Kerja sama ini, kata dia, merupakan langkah pemkab dalam rangka mengembangkan sarana transportasi udara bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara agar dapat tumbuh dan berkembang dalam kemajuan perekonomian dan kepariwisataan di daerah ini. 

"Dengan kerja sama ini, diharapkan konektivitas penerbangan menuju dan dari Muara Teweh dapat meningkatkan kemajuan kabupaten dengan julukan  Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini," kata  Nadalsyah.