Gunung Mas ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan secara daring

id Gunung mas,Gumas,Festival tandak intan kaharingan ,Gunung Mas ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan secara daring

Gunung Mas ikuti Festival Tandak Intan Kaharingan secara daring

Wabup Gumas Efrensia L.P Umbing didampingi Sekda Yansiterson, Ketua Kontingen Naro, dan lainnya mengikuti pembukaan FTIK pusat ke X secara virtual, di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Jumat (19/11/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia L.P Umbing berharap kontingen kabupaten setempat bisa meraih prestasi terbaik pada Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) tingkat pusat ke-X, walau mengikuti festival secara dalam jaringan (daring).

“Semoga kontingen Gumas bisa meraih banyak medali dan menjadi juara umum,” ucapnya usai menghadiri pembukaan FTIK tingkat pusat ke-X secara virtual di Kuala Kurun, Jumat.

Dia menyebut, berdasarkan informasi yang didapat dari Ketua Kontingen Gumas, kontingen mengikuti FTIK secara daring, di mana kontingen membuat video penampilan dan dikirim ke panitia FTIK untuk dinilai.

Artinya, tutur perempuan pertama yang menjadi Wabup Gumas ini, diperlukan kemampuan di bidang multimedia sehingga hasilnya betul-betul asli dan mendapat penilaian yang memuaskan dari panitia atau dewan juri.

Ini tentunya berbeda dengan pelaksanaan FTIK sebelumnya yang dilakukan secara luar jaringan (luring), di mana peserta berkumpul di satu tempat, menampilkan penampilan pada suatu lomba dan dinilai oleh dewan juri.

Akan tetapi, pandemi COVID-19 membuat berbagai kegiatan tidak bisa dilakukan seperti sebelumnya dan harus beradaptasi dengan keadaan ini demi menghindari penularan dan penyebaran COVID-19, termasuk pelaksanaan FTIK. 

“Walau dilakukan secara daring, kegiatan tetap harus berjalan. Kita bersyukur saat ini teknologi sudah maju, jadi kita tetap bisa mengikuti berbagai kegiatan dengan penyesuaian-penyesuaian tertentu,” tuturnya.

Ketua Kontingen Gumas Naro mengatakan bahwa pada pelaksanaan FTIK ke-X ini kontingen kabupaten mengikuti enam cabang lomba, baik itu tingkat anak-anak, remaja, dan juga dewasa. Kontingen Gumas berjumlah puluhan peserta.

Kontingen Gumas mengikuti FTIK secara daring, dan telah menyiapkan video untuk dikirim ke panitia dan dinilai oleh panitia atau dewan juri. Perekaman video dilakukan di tiga kecamatan yakni Rungan Hulu, Kahayan Hulu Utara, dan Kurun.

“Pada pelaksanaan FTIK ke IX di Barito Timur tahun 2018 lalu Gumas berada pada peringkat 3. Untuk FTIK ke X ini targetnya Gumas menjadi juara umum,” demikian Naro.