Kemenkumham Kalteng pastikan SKB CPNS 2021 berjalan adil dan transparan

id Kemenkumham kalteng, ilham djaya, skb cpns, palangka raya, kalteng

Kemenkumham Kalteng pastikan SKB CPNS 2021 berjalan adil dan transparan

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya membuka SKB kesamaptaan CPNS formasi tahun 2021 di Palangka Raya, Rabu, (24/11/2021). (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah Ilham Djaya membuka seleksi kompetensi bidang (SKB) kesamaptaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2021.

"Semoga kegiatan hari ini berjalan lancar sehingga pelaksanaan dilaksanakan tepat dan cepat," kata Ilham di Palangka Raya, Rabu.

Untuk itu seluruh peserta diharapkan cekatan, sehingga dapat mengikuti tes dengan baik dan dapat bergabung di Kemenkumham Kalteng.

Dia pun menegaskan pihaknya akan memastikan SKB kesamaptaan berjalan dengan adil atau 'fair' dan transparan. Pengawasannya pun dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah dan pengawas dari pusat.

Hari pertama tes SKB kesamaptaan yang dilaksanakan di Lapangan Korem 102/Panju Panjung tersebut, diikuti sebanyak 147 peserta dari 150 peserta pria yang dijadwalkan melakukan tes. Tes itu sendiri digelar dua hari.

Sebelum tes SKB, para peserta wajib hadir 60 menit sebelum pelaksanaan. Setibanya di lokasi, sebelum masuk ke barisan seluruh peserta wajib mencuci tangan. Panitia pun kemudian melakukan pengecekan suhu badan untuk memastikan kesehatan peserta.

Sebelum menuju gedung olahraga, peserta dibagi menjadi tujuh kelompok dan dilakukan registrasi serta absensi. Tes diawali dengan pengukuran tinggi badan, dilanjutkan pengecekan tensi darah. Selanjutnya, peserta diberikan formulir penilaian beserta surat pernyataan kesediaan mengikuti tes.

Tahapan SKB Kesamaptaan dilaksanakan sesuai pedoman yang ditentukan panitia pusat. Seleksi Kesamaptaan A yaitu lari 12 menit minimal jarak tempuh 1.200 meter. Seleksi Kesamaptaan B terdiri dari rangkaian tes fisik berupa pull up, sit up, push up dan shuttle run.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalteng M Ikmal Idrus, selaku Ketua Panitia Daerah dan Penanggung jawab kegiatan meminta peserta selalu mengikuti arahan dan petunjuk pengawas di lapangan.

"Semoga apa yang dilaksanakan hari ini berjalan lancar," katanya saat acara yang juga dihadiri Koordinator SKB Kesamaptaan yang juga Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Yudi Suseno.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Kesegaran Jasmani Korem, Joko Sudibyo menambahkan pihaknya akan melaksanakan tes sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

"Saya berharap seluruh peserta mampu melewati tes dengan baik," tutup Sudibyo.