Senam Igal Nansarunai untuk kesehatan dan kebugaran wanita di Bartim

id Senam igal nansarunai, pemkab bartim, disbudpora bartim, kormi bartim, tamiang layang, bartim, munita mustika dewi ampera ay mebas, kalteng

Senam Igal Nansarunai untuk kesehatan dan kebugaran wanita di Bartim

Perwosi Barito Timur bekerja sama dengan Disbudparpora dan KORMI melaksanakan Senam Igal Nansarunai bersama, sekaligus peluncurannya di halaman Rujab Bupati Barito Timur di Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Jumat, (3/12/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pengurus Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah bersama Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat bekerja sama meluncurkan Senam Igal Nansarunai.

“Senam Igal Nansarunai merupakan langkah strategis yang disesuaikan dengan visi Perwosi, yakni membentuk wanita Indonesia yang sehat dan bugar sehingga tercipta keluarga sejahtera yang cinta olahraga,” kata Ketua Perwosi Barito Timur Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, dalam bahasa latin berbunyi “mens sana in corpore sano” yang memiliki arti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu ia mengajak mengggelorakan senam Igal Nansarunai dalam berolahraga.

Dijelaskan Munita, Senam Igal merupakan hasil kerja sama yang positif dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ibu, Keluarga Berencana Kesehatan (KB KES) PKK dan HUT Dharma Wanita Persatuan tahun 2021.

KORMI Barito Timur juga dilibatkan dalam pelaksanaan Senam Igal Nansarunai. Senam Igal Nansarunai merupakan buah karya dari putra dan putri terbaik Barito Timur.

“Disbudparpora kiranya bisa mensosialisasikan dan memperkenalkan senam ini, agar senam yang digali dari kearifan lokal Barito Timur ini semakin dikenal seluruh masyarakat dari kecamatan, kelurahan dan desa,” kata Munita yang saat ini juga menjabat sebagai anggota DPRD Barito Timur periode 2019-2024.

Kadis Budparpora Barito Timur Forty Rickyano menerangkan, pihaknya terus berupaya menggali potensi kearifan lokal warisan leluhur untuk dikembangkan dan dilestarikan.

“Senam Igal Nansarunai yang dilaunching hari ini baik gerak maupun musik yang digunakan, merupakan perpaduan dari berbagai tarian daerah dan musik tradisional yang ada di Barito Timur,” jelas Forty.

Kedepannya, kata Forty, sosialisasi senam ini akan dilaksanakan kepada seluruh perangkat daerah, kecamatan hingga desa serta sekolah supaya dikenal dan menjadi kebanggaan bersama.

“ Jika senam ini sudah dikenal masyarakat maka akan ditindaklanjuti dengan melaksanakan lomba Senam Igal Nansarunai baik tingkat kecamatan maupun kabupaten,” demikin Forty.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021