Jelang lawan Vietnam, persiapan timnas terganggu 'hal tak diinginkan'

id Pelatih Timnas Shin Tae-yong,Shin Tae-yong,Piala AFF 2020,persiapan timnas terganggu 'hal tak diinginkan', Shin

Jelang lawan Vietnam, persiapan timnas terganggu 'hal tak diinginkan'

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan kepada media setelah memimpin latihan skuadnya di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Salah satu hal yang disampaikan Shin adalah soal keputusan pembatasan pemanggilan pemain ke timnas yaitu maksimal dua nama per-tim yang dinilainya merugikan. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa persiapan skuadnya untuk menghadapi Vietnam dalam lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Singapura, Rabu (15/12), terganggu "hal yang tak diinginkan".

"Kalau tak ada hal itu, persiapan kami akan berjalan lancar," ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan tersebut enggan memberi tahu persoalan apa yang tengah menimpa skuad "Garuda".

Ketika pewarta menanyakan apakah ada hubungan dengan penyebaran COVID-19, seperti yang dialami Malaysia, Shin bergeming dan menolak membahasnya.

"Saya akan memaparkan semuanya besok dalam konferensi pers sesudah pertandingan," tutur pria berusia 51 tahun itu.

Terlepas dari gangguan yang dirasakan skuandnya, Shin Tae-yong tetap optimistis dengan kualitas anak-anak asuhnya untuk menaklukkan Vietnam.

Vietnam, kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu, bisa jadi tim terkuat di Piala AFF 2020 tetapi bukan tidak mungkin dikalahkan.

"Saya melihat performa pemain semakin baik dan mungkin para suporter juga demikian. Saya percaya pemain menikmati laga besok," kata Shin.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, pukul 19.30 WIB atau 20.30 waktu setempat.

Vietnam nyaris selalu menjadi momok bagi timnas Indonesia sejak lebih dari dua dekade. Bahkan, mulai tahun 2012, Indonesia hanya menorehkan sekali kemenangan atas Vietnam.

Dalam dua tahun terakhir, di level senior, Indonesia selalu kalah dari Vietnam tepatnya ketika bertanding pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dua kali bersua, Indonesia takluk 1-3 dan 0-4.

Di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia berada di peringkat pertama klasemen sementara dengan koleksi enam poin dari dua laga. Vietnam berpoin sama, tetapi duduk di posisi kedua lantaran kalah selisih gol.

Malaysia bertengger di tempat ketiga dengan enam poin dari tiga pertandingan, lalu berturut-turut ada Kamboja dan Laos di posisi keempat serta kelima dengan nirpoin.